Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Cara agar Gula Darah Normal Terus!

Berikut ini angka kadar gula darah normal pada wanita dan cara untuk menjaga agar gula darah tetap normal.

INFOSEMARANG.COM -- Apakah kadar gula darah normal berbeda antara wanita dan pria? Menurut penjelasan dr. Ester Agustina, kadar gula darah wanita dan pria tidak berbeda. Rata-rata, mereka memiliki kadar gula darah yang sama.

Namun, perlu diingat bahwa kadar gula darah bisa berubah sebelum dan setelah makan, serta saat tidur. Tidak ada angka baku yang menentukan kadar gula darah normal.

Proses metabolisme setelah makan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang diserap oleh aliran darah, menjadi sumber energi bagi sel-sel tubuh.

Baca Juga: Penderita Diabetes Harus Lebih Aktif Dibanding Sebelumnya, Apa Olahraga yang Pas?

Gula harus melewati "pintu" masuk ke dalam sel, yang dibuka oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Setelah masuk ke dalam sel, glukosa ini diubah menjadi energi yang digunakan tubuh, sementara kelebihan gula akan disimpan di hati untuk digunakan di lain waktu.

Berikut adalah rentang kadar gula darah normal pada berbagai kondisi:

  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah puasa selama minimal delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100 - 140 mg/dL

Tanda-tanda gula darah rendah adalah angka di bawah 70 mg/dL, sedangkan gula darah tinggi adalah angka di atas 200 mg/dL. Kadar gula darah yang tidak terkontrol, baik terlalu rendah maupun terlalu tinggi, memiliki risiko yang berbahaya.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Pria, Ini Menu Sarapan yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Olahraga secara rutin selama minimal 2,5 jam per minggu untuk menstabilkan gula darah dan mengatur penggunaan dan penyimpanan gula oleh tubuh.

  2. Batasi konsumsi karbohidrat dan pilih sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti ubi, pasta dari biji-bijian utuh, dan nasi merah. Konsumsi juga makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, ikan salmon, daging ayam tanpa kulit, brokoli, bayam, dan kayu manis.

  3. Pastikan untuk makan secara teratur dan jangan melewatkan sarapan. Makan tiga kali sehari ditambah dua camilan bernutrisi di antara jam makan bisa membantu menjaga gula darah tetap normal.

  4. Atasi stres dengan baik karena stres dapat meningkatkan kadar gula darah.

  5. Selalu sediakan camilan manis seperti permen untuk mencegah gula darah menurun secara drastis, tetapi jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk mengetahui kadar gula darah normal, Anda dapat melakukan tes di rumah sakit atau membeli alat tes gula darah untuk digunakan di rumah.

Selain itu, tes haemoglobin A1c (HbA1c) di laboratorium dapat memantau kadar gula darah dalam 2-3 bulan terakhir.

Baca Juga: Menderita Diabetes? Begini Cara Mengontrol agar Kadar Gula Tetap Stabil

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis tes darah yang diperlukan.

 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI