12 Keterampilan Teknis Penting yang Membantumu Mengembangkan Karir di Masa Depan

Galuh Prakasa
Senin 07 Agustus 2023, 15:23 WIB
Ilustrasi | 12 ketrampilan teknis untuk menunjang karir di masa depan. (Sumber : Pexels/Antoni Shkraba)

Ilustrasi | 12 ketrampilan teknis untuk menunjang karir di masa depan. (Sumber : Pexels/Antoni Shkraba)

INFOSEMARANG.COM -- Pastinya kamu tahu bahwa memiliki beragam keterampilan dalam pekerjaan itu penting, termasuk keterampilan teknis – istilah yang digunakan untuk menjelaskan berbagai kemampuan teknis dan pengetahuan khusus yang dibutuhkan untuk menjalankan peran tertentu.

Tentu saja, kamu memerlukan beberapa keterampilan teknis dalam pekerjaan apa pun, tidak peduli industri atau tingkat senioritasnya.

Namun, kamu bisa lebih dari sekadar melihat kegiatan sehari-hari dan mempertimbangkan bagaimana beberapa keterampilan inti bisa bermanfaat di luar peranmu saat ini.

Baca Juga: Syarat Pengangkatan Honorer 2023, Berpotensi Langsung Diangkat PPPK Jika Memenuhi Poin Berikut

Jika kamu menguasai beberapa keterampilan teknis penting dalam satu posisi, misalnya, kamu bisa saja menggunakan keterampilan tersebut dalam pekerjaan lain di masa depan – atau keterampilan tersebut bahkan dapat membantumu menemukan karier baru secara keseluruhan.

Tidak jarang manfaat dari keterampilan teknismu juga bisa kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari: bayangkan jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik saat berlibur atau membantu temanmu dalam proyek ekspansi rumah.

Mari dilansir dari techradar pada Senin, 7 Agustus 2023 berikut 12 keterampilan teknis yang akan memberikan manfaat besar bagi kamu di tempat kerja.

1. Sertifikasi Industri

Tidak hanya cukup memiliki keterampilan teknis yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan standar tinggi, tetapi juga memiliki sertifikasi industri dan kualifikasi yang membuktikan kepada orang lain bahwa kamu memiliki kemampuan yang luar biasa.

Jika kamu memiliki sertifikasi industri, kamu dapat membuktikan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut, yang akan memberimu keunggulan untuk posisi di masa depan.

Kamu juga tidak hanya perlu bergantung pada sertifikasi industri: gelar universitas juga dapat menunjukkan keterampilan profesionalmu.

2. Keterampilan Bahasa

Jika kamu bisa berbicara dalam bahasa kedua atau bahkan ketiga, maka kamu memiliki keterampilan teknis berharga baik di tempat kerja maupun di luar itu.

Pembicara multibahasa lebih dihargai oleh banyak perusahaan, dan kemampuan berbicara dalam lebih dari satu bahasa akan memberimu lebih banyak pilihan dalam dunia kerja – kamu akan dapat mengajukan berbagai posisi dan bekerja di berbagai negara.

Tidak perlu dikatakan bahwa keunggulan berbahasa juga memberikan manfaat di luar pekerjaan: ini dapat membuat komunikasi lebih mudah di berbagai negara di seluruh dunia.

3. Keterampilan Komputer Lanjutan

Sebagian besar orang dalam angkatan kerja saat ini tahu cara menggunakan Microsoft Word dan klien email, tetapi jika kamu menguasai keterampilan teknis yang lebih rumit, maka kamu siap untuk meraih kesuksesan.

Jika kamu memiliki pengalaman dan kemampuan dalam area-area yang banyak diminati seperti komputasi awan, jaringan, keamanan informasi, atau pemrograman, maka permintaan akan selalu ada – jenis keterampilan teknis ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Banyak orang bahkan mengkhususkan diri dalam paket perangkat lunak atau bahasa pemrograman tertentu, karena permintaan akan ahli di berbagai bidang teknis sangat tinggi.

Baca Juga: Loker Semarang! Tiga Pekerjaan Menarik Tersedia Agustus 2023 dari Pengajar, Electrical Engineer, dan Stok Keeper

4. Entri dan Analisis Data

Kita tidak pernah dikelilingi oleh begitu banyak data seperti sekarang, jadi jika kamu dapat dengan percaya diri bekerja dengan angka, maka kamu sudah memiliki keterampilan teknis yang dapat bermanfaat di tempat kerja dan di luar itu.

Jika kamu bisa dengan cekatan mengelola dan mengatur sejumlah besar data, maka kamu akan sangat berharga bagi sebagian besar perusahaan – mereka selalu mencari orang yang dapat meningkatkan efisiensi data.

Jika kamu memiliki pengetahuan untuk melampaui entri data dan menganalisis angka, itu akan lebih baik lagi – perusahaan akan berlomba-lomba untuk mendapatkanmu di dalam tim mereka.

5. Desain

Ini adalah area yang luas, tetapi jika kamu memiliki keterampilan desain, banyak bisnis akan tertarik pada apa yang bisa kamu tawarkan.

Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis, maka kamu bisa bekerja di desain web, pemasaran, media cetak, atau banyak bidang lainnya.

Desain web juga melibatkan pembuatan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna – lebih banyak lagi area di mana kemampuan desainmu dapat memberikan keuntungan.

Industri desain juga mencakup desain produk, produksi video, peran tipografi, dan branding, jadi ada banyak peluang untuk berbagai jenis pekerjaan.

Keterampilan desain yang kuat juga dapat memberikan manfaat di luar pekerjaan, misalnya kamu bisa menggunakan keterampilan desain untuk memulai bisnis sendiri atau membuat media untuk komunitas lokal atau hobi kamu.

6. Media Sosial, SEO, dan Pembuatan Konten

Tidak banyak area pemasaran yang lebih modern dan diminati daripada media sosial, jadi jika kamu memiliki pengalaman dan kualifikasi dalam area ini, maka perusahaan akan ingin menyewamu untuk mengelola halaman media sosial mereka dan berinteraksi dengan pelanggan.

Hampir setiap perusahaan memiliki beberapa profil media sosial, jadi jika kamu mahir di sini, kamu akan dapat bekerja di banyak industri dan negara yang berbeda.

Selain mengelola halaman media sosial, ada banyak keterampilan teknis terkait lainnya yang berguna: jika kamu tahu tentang SEO dan memiliki sertifikasi yang tepat, maka kamu dapat membantu perusahaan menciptakan konten yang akan menduduki peringkat tinggi di mesin pencari.

Jika kamu dapat membuat konten tertulis dan visual yang diperlukan untuk artikel, pos blog, dan pos media sosial, kamu akan memiliki sekelompok keterampilan teknis yang banyak perusahaan akan hargai.

7. Administrasi dan Akuntansi

Jika kamu memiliki keterampilan organisasi yang kuat yang diperlukan untuk mengelola kantor yang sibuk dan tim produktif, maka kamu akan selalu diminati – kantor dan perusahaan selalu memerlukan orang yang dapat mengarahkan tim mereka ke arah yang benar.

Selain itu, kamu harus merasa percaya diri dengan pilihanmu jika kamu memiliki pengetahuan akuntansi.

Uang membuat dunia berputar, dan jika kamu tahu cara menggunakan perangkat lunak akuntansi, anggaran, dan alat penggajian, kamu akan selalu dapat menemukan pekerjaan.

Baca Juga: Nasib Honorer per 28 November 2023 Besok Dipertanyakan, Begini Jawaban Tegas MenpanRB Azwar Anas

8. Manajemen Proyek

Dunia kerja secara tidak dapat disangkal kompleks, jadi jika kamu memiliki keterampilan teknis yang diperlukan untuk menavigasi proyek yang panjang dan mendalam, maka kamu akan dicari oleh perusahaan yang memerlukan bimbingan dalam arah yang benar.

Dunia manajemen proyek membutuhkan beragam tetapi terhubungnya keterampilan. Kamu harus memiliki kemampuan perencanaan yang hebat, keterampilan organisasi yang luar biasa, jadwal yang kokoh, dan pengalaman dengan perangkat lunak kolaboratif.

Pengalaman anggaran adalah nilai tambah, dan jika kamu dapat menugaskan tugas, menetapkan tujuan, dan mengelola stafmu, itu akan selalu disambut dengan baik.

9. Menulis

Penguasaan kata tertulis adalah keterampilan teknis penting yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kerjamu dan segala hal di luar itu juga.

Jika kamu dapat berkomunikasi secara efektif di tempat kerja, maka kamu akan berkembang dengan cepat, menjaga hubungan baik dengan orang-orang, dan memberikan hasil yang luar biasa.

Keterampilan menulis dapat membantu kamu di bidang pemasaran, manajemen, media sosial, dan peran konten, dan kamu juga dapat beralih ke penulisan teknis dan jurnalistik.

Keterampilan menulis yang hebat juga membantu di luar tempat kerja, kamu akan menjadi komunikator yang lebih baik dalam semua aspek kehidupanmu, dari berinteraksi dengan keluarga dan teman hingga membantu inisiatif komunitas.

10. Hukum Ketenagakerjaan

Jika kamu memiliki familiaritas dengan hukum ketenagakerjaan dan pengetahuan tentang praktik perekrutan, maka kamu akan selalu menemukan tempat di berbagai bisnis – tidak peduli industri apa pun, perusahaan akan merekrut dan memberhentikan karyawan, dan mereka akan memerlukan orang untuk memfasilitasi proses tersebut.

Jika kamu memiliki sertifikasi profesional, itu lebih baik, dan pengetahuan tentang hukum ketenagakerjaan dan praktik perekrutan dapat membantu kamu, keluarga, dan teman-temanmu di berbagai aspek kehidupan – penting untuk mengetahui hal-hal ini jika mereka mengalami masalah ketenagakerjaan selama karier mereka.

11. Teknik Penjualan

Tidak ada bisnis yang akan berhasil jika tidak dapat menjual produk dan layanannya, jadi jika kamu memiliki keterampilan teknis untuk menghasilkan uang, kamu akan berharga bagi setiap perusahaan.

Ada beberapa keterampilan teknis kunci yang dapat memberimu keuntungan besar saat kamu mencoba untuk menutup kesepakatan.

Jika kamu memiliki pengetahuan dan kepercayaan diri untuk memberikan presentasi efektif dan menghasilkan slide berkualitas tinggi, kamu akan mengesankan mitra potensial dan meyakinkan mereka bahwa produk atau layananmu tepat untuk mereka.

Penting untuk memiliki pengetahuan yang kuat tentang produk dan layananmu sehingga kamu dapat menjawab semua pertanyaan, dan setiap operator penjualan yang baik juga harus memiliki pengetahuan tentang pengembangan produk.

Akhirnya, pastikan untuk mempelajari teknik percakapan dan psikologis yang dapat kamu gunakan untuk meyakinkan orang untuk berpartisipasi.

Baca Juga: Prediksi 10 Formasi CPNS 2023 di Kemenkumham untuk Lulusan SMA Sederajat, Persiapkan Diri dengan Baik!

12. Keterampilan Pelatihan

Jika kamu telah mempelajari teknik pelatihan dan manajemen, kamu akan memperoleh pengetahuan penting untuk kesuksesan di tempat kerja.

Jika kamu adalah seorang manajer, belajar akan memberimu informasi berharga tentang bagaimana menjaga kebahagiaan dan motivasi stafmu – resep sempurna untuk mendapatkan hasil terbaik dari mereka.

Jangan abaikan teknik pelatihan dan manajemen jika kamu sebenarnya bukan manajer di tempat kerja. Informasi ini akan bermanfaat untuk promosi di masa depan.

Ini juga akan membantu saat ini: jika kamu memiliki keterampilan pelatihan yang kuat, kamu akan dapat menavigasi politik tempat kerja, mendapatkan hasil yang lebih baik saat bekerja dalam kelompok, dan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengejar tangga korporasi.

Mari tingkatkan keterampilan teknismu agar dapat meraih keberhasilan besar di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Membuat CV Milikmu Terlihat Menonjol Dibanding yang Lain

Dengan menguasai berbagai keterampilan ini, kamu akan menjadi aset yang tak ternilai bagi perusahaan dan komunitas di sekitarmu.

Selain 12 skill teknis di atas, kamu juga perlu memperhatikan 8 ketrampilan digital yang bakal laris manis di masa depan.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)