Kemenkumham Gandeng Mako Brimob Polri dalam Uji Kesehatan dan Kesamaptaan Calon Taruna/Taruni Poltekim dan Poltekip

Kemenkumham gandeng Mako Brimob Polri gelar uji kesehatan dan kesamaptaan Taruna dan Taruni Poltekim dan Poltekip. (Sumber : Dok. Kemenkumham)

INFOSEMARANG.COM -- Dalam upaya memastikan kualitas dan kesiapan peserta, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah menjalin kolaborasi dengan Markas Komando Korps Brigade Mobile (Mako Brimob) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Mako Brimob Polri turut serta dalam proses uji kesehatan dan kesamaptaan bagi calon Taruna dan Taruni Politeknik Ilmu Imigrasi (Poltekim) serta Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Dalam uji kesehatan yang melibatkan 1398 peserta, terdapat 783 calon Taruna Poltekim dan 615 calon Taruna Poltekip.

Baca Juga: Apa Saja 3 Profesi PPPK Part Time? Kerja Fleksibel Tak Sampai Sore Hari

Komitmen dalam Proses Seleksi

Sudjonggo, Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham, memberikan pesan kepada seluruh peserta untuk menjalani proses seleksi ini dengan serius.

Dalam Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, 7 Agustus 2023 lalu, ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan semangat serta keyakinan pada kemampuan diri.

"Jaga kesehatan serta selalu semangat untuk mengikuti proses ini serta percaya dengan kemampuan diri sendiri" katanya.

Pengambilan Sumpah dan Pakta Integritas Memperkuat Komitmen

Tahun ini, uji kesehatan dimulai dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas oleh panitia dan peserta pemeriksaan kesehatan serta kesamaptaan jasmani calon Taruna dan Taruni Poltekim serta Poltekip Kemenkumham.

Baca Juga: Honorer Dihapus Diganti Jadi PPPK Part Time, Apa Bedanya?

Rudy Harianto, Kepala Biro Perencanaan, Administrasi dan Operasi Mako Brimob Polri, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam menjalankan pemeriksaan tersebut.

Rudy menekankan pentingnya transparansi, akuntabilitas, dan pendekatan yang humanis dalam seleksi ini.

"Kita semua berharap proses seleksi ini transparan, akuntabel, dan humanis, clear and clean, serta lebih berkualitas," ujar Rudy.

Seleksi Terbuka dan Transparan

Rudy menambahkan bahwa seluruh tahap seleksi dilakukan secara terbuka, memungkinkan peserta untuk melihat hasil seleksi pada setiap tahapannya.

Proses pemeriksaan kesehatan berlangsung di RS Bhayangkara dengan melibatkan tim internal serta Rumah Sakit Bhayangkara Brimob.

Baca Juga: Link Download Jadwal Seleksi CPNS 2023 Lengkap! Dibuka Mulai 17 September 2023?

Ketelitian dalam Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan mencakup berbagai aspek seperti Body Mass Index (BMI), pemeriksaan mata, telinga, hidung, kepala, wajah, leher, jantung, paru-paru, anggota gerak atas dan bawah, kulit, rontgen, serta kesehatan gigi. Peserta yang lulus uji seleksi ini akan melanjutkan dengan tes samapta yang dijadwalkan pada pekan depan.

Tahapan Seleksi yang Harus Dilalui

Tahapan seleksi untuk menjadi Taruna Poltekip dan Poltekim Kemenkumham meliputi Seleksi Administrasi yang melibatkan Verifikasi Berkas Unggah, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), serta seleksi lanjutan yang melibatkan ujian psikotes, tes kesehatan, tes kesamaptaan, wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan.

Kamu mungkin juga tertarik dengan informasi jadwal CPNS 2023 resmi dimulai 17 September 2023, ini yang harus kamu tahu.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI