Peluang Karier di Masa Depan, 8 Pekerjaan Paling Diminati 2025, Ahli Pertukangan Termasuk!

Galuh Prakasa
Kamis 10 Agustus 2023, 16:40 WIB
Ilustrasi | 8 pekerjaan masa depan yang diminati tahun 2025, dari bidang digital hingga pertukangan.. (Sumber : Pexels/Ivan Samkov)

Ilustrasi | 8 pekerjaan masa depan yang diminati tahun 2025, dari bidang digital hingga pertukangan.. (Sumber : Pexels/Ivan Samkov)

INFOSEMARANG.COM -- Ancaman otomatisasi nyata dalam berbagai bidang karir.

Bahkan, sebuah studi pada tahun 2019 oleh Institut Brookings, sebuah lembaga pemikir kebijakan publik nirlaba, menemukan bahwa seperempat pekerjaan di Amerika Serikat berisiko tinggi terhadap otomatisasi.

Studi tersebut juga menemukan bahwa 36 persen pekerjaan lainnya berada pada risiko sedang terotomatisasi.

Baca Juga: Hari ini, Peringatan Hari Veteran Nasional 10 Agustus, Ketahui Sejarah dan Maknanya!

Dengan mempertimbangkan hal ini, jelas bahwa sejumlah pekerja saat ini harus memikirkan karir baru pada suatu titik dalam kehidupan profesional mereka.

Meskipun otomatisasi mungkin menggeser pekerjaan di bidang seperti manufaktur, pekerjaan baru terus diciptakan setiap hari di bidang-bidang yang mendukung pertumbuhan teknologi baru, seperti pengembangan web dan rekayasa perangkat lunak.

Ada juga bidang-bidang seperti pengajaran dan pekerjaan dalam bidang teknik yang tidak diharapkan akan diotomatisasi dalam waktu dekat.

Top 8 Pekerjaan Paling Diminati di Masa Depan

Jika kamu bekerja dalam pekerjaan yang rentan terhadap otomatisasi, atau jika kamu ingin menjaga masa depan karirmu, kamu mungkin bertanya-tanya: pekerjaan apa yang akan diminati di masa depan?

Dalam artikel ini, kita akan mengulas delapan pekerjaan teratas yang akan diminati pada tahun 2025 dan membicarakan tentang apa yang mereka entail.

1. Insinyur Keamanan Siber

Insinyur keamanan siber bertanggung jawab atas perlindungan data kita dan memastikan bahwa data yang kita berikan kepada perusahaan dan aplikasi disimpan dengan aman dan terlindungi.

Para profesional ini merancang kebijakan untuk mencegah dan mempertahankan diri dari peretasan, serangan siber, dan ancaman digital lainnya.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS memperkirakan bahwa pekerjaan di bidang keamanan siber akan tumbuh sebanyak 32 persen pada tahun 2028, yang merupakan tingkat pertumbuhan yang "jauh lebih cepat dari rata-rata."

Selain itu, gaji rata-rata untuk insinyur keamanan siber menurut ZipRecruiter hampir $120.000, dengan daerah seperti San Francisco menawarkan gaji yang lebih tinggi.

Baca Juga: Emak-emak Curi 3 Kaleng Butter Wijsman di Toko Bahan Kue di Semarang Tengah, Dimasukkan ke Dalam Rok

2. Guru

Pada tahun 2025, guru masih akan memainkan peran penting dalam mendidik masyarakat. Meskipun pekerjaan mengajar mungkin melibatkan lebih banyak teknologi, diharapkan bahwa seorang guru sejati akan terus memimpin kelas.

Guru bertanggung jawab atas segala hal mulai dari menyusun rencana pelajaran hingga menilai tes dan mendukung siswa dengan masalah individu mereka, dan ini adalah tugas-tugas yang teknologi belum sepenuhnya mampu diotomatisasi.

Dalam laporan tahun 2017 oleh Nesta, organisasi tersebut menemukan bahwa pekerjaan di bidang sektor publik seperti pengajaran dan perawatan kesehatan cenderung tumbuh di masa depan.

Organisasi tersebut juga mencatat bahwa keterampilan seperti interpersonal dan keterampilan kognitif tingkat tinggi akan meningkat dalam permintaan, yang semuanya merupakan bagian penting dari mengajar.

3. Data Scientist

Saat kamu berinteraksi dengan sebuah situs web atau menggunakan internet, data tercipta.

Data Scientist atau ilmuwan data bertanggung jawab atas mengurutkan data yang diciptakan orang saat menggunakan komputer, dan akan menganalisis data tersebut untuk mendapatkan wawasan tentang produk atau layanan.

Para data scientist terlibat dalam membersihkan, memproses, menganalisis, dan menyintesis repositori data besar.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa pekerjaan di bidang ilmu data akan tumbuh dengan tingkat 16 persen pada tahun 2028, yang juga "jauh lebih cepat dari rata-rata."

Pertumbuhan ini diharapkan karena lebih banyak organisasi di luar perusahaan teknologi mulai mengumpulkan lebih banyak data yang dapat dianalisis.

Jadi, jika kamu berencana menjadi data scientist, sekarang adalah kesempatanmu untuk meningkatkan keterampilanmu.

Baca Juga: SIAP-SIAP! Naskah Soal CPNS 2023 Sudah ditangan KemenPAN RB

4. Dokter dan Perawat

Dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya akan terus diminati pada tahun 2025.

Dokter dan perawat adalah profesional berlisensi yang menjaga dan mengembalikan kesehatan manusia dan terlibat dalam segala hal mulai dari memberikan nasihat kesehatan hingga memberikan pengobatan kepada pasien.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan sebagai dokter atau ahli bedah diharapkan akan tumbuh pada tingkat 7 persen dalam dekade mendatang.

Pertumbuhan ini diharapkan karena populasi menua dan risiko penyakit kronis di antara warga lanjut usia meningkat.

5. Para Ahli Tukang

Hingga saat ini, otomatisasi telah berdampak pada pekerjaan di industri manual, seperti manufaktur mobil. Namun, sejauh mana teknologi telah mempengaruhi pekerjaan manual di bidang tukang terbatas.

Tukang ledeng, tukang listrik, tukang kayu, tukang pemasangan pipa, dan para ahli tukang lainnya diharapkan akan diminati di masa depan.

Kita akan selalu membutuhkan seseorang yang dapat memperbaiki toilet dan memasang kembali kabel rumah.

Pertumbuhan yang diharapkan dalam tukang berpengalaman seperti pipa sangat tinggi.

Biro Statistik Tenaga Kerja memperkirakan pekerjaan di bidang pipa akan tumbuh sebanyak 14% pada tahun 2028, pekerjaan tukang listrik akan tumbuh sebanyak 10%, dan pekerjaan tukang kayu akan tumbuh sebanyak 8%.

Tingkat-tingkat ini semuanya lebih cepat dari tingkat pertumbuhan pekerjaan rata-rata nasional di Amerika Serikat.

Baca Juga: Kemenpan RB Bakal Boyong 16 Ribu ASN ke Ibu Kota Nusantara, Peserta Lolos CASN 2023 Berkesempatan Ikut?

6. Tenaga Penjualan

Teknologi mungkin mampu mengotomatisasi beberapa aspek penjualan, tetapi tenaga penjualan tetap diperlukan di masa depan kerja.

Tenaga penjualan memiliki satu tugas utama: meyakinkan konsumen dan bisnis untuk membeli produk atau layanan.

Namun, mereka juga harus pandai dalam mengelola hubungan, membangun kepercayaan, dan membangun hubungan dengan calon pelanggan.

Teknologi mungkin mampu mengotomatisasi beberapa aspek penjualan, tetapi tenaga penjualan tetap diperlukan di masa depan kerja.

Pekerjaan seorang tenaga penjualan memerlukan orisinalitas dan fleksibilitas, yang merupakan dua fitur yang mesin sulit untuk meniru.

Permintaan akan tenaga penjualan diharapkan akan tumbuh pesat di bidang seperti asuransi, yang memerlukan tingkat personalisasi yang lebih tinggi daripada pekerjaan di penjualan ritel.

7. Insinyur Perangkat Lunak

Insinyur perangkat lunak menggunakan prinsip-prinsip dari ilmu komputer untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak.

Insinyur perangkat lunak bertanggung jawab atas membangun aplikasi yang skalabel seperti sistem operasi, permainan komputer, aplikasi seluler, dan sistem digital lainnya.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak akan tumbuh dengan tingkat 21 persen pada tahun 2028.

Biro ini mengharapkan pertumbuhan ini terjadi sebagian karena peluang baru untuk menggabungkan perangkat lunak dan produk fisik semakin meningkat. Misalnya, lebih banyak komputer yang ditanamkan dalam elektronik konsumen.

Selain itu, bidang seperti kedokteran diharapkan akan memanfaatkan teknologi dalam tingkat yang lebih tinggi di masa depan, menciptakan peluang kerja bagi insinyur perangkat lunak dalam proses tersebut.

Baca Juga: Saloka Theme Park Semarang Tetap Buka 17 Agustus 2023, Ada Promo Kemerdekaan hingga Tiket Gratis!

8. Analis Sistem Komputer

Analis sistem komputer mempelajari sistem komputer suatu bisnis dan merancang solusi untuk membantu organisasi menggunakan teknologi secara lebih efisien dan efektif.

Analis sistem menggabungkan bisnis dan Teknologi Informasi (TI) untuk membantu bisnis mencapai tujuannya melalui teknologi.

Analis sistem akan menganalisis infrastruktur, memikirkan cara untuk meningkatkan arsitektur yang sudah ada, menguji sistem baru, menentukan peran TI dalam bisnis, dan lebih banyak lagi.

Biro Statistik Tenaga Kerja mengharapkan pekerjaan di bidang analisis sistem akan tumbuh sebanyak 9 persen pada tahun 2028, yang lebih cepat dari pertumbuhan pekerjaan rata-rata.

Seiring dengan lebih banyak organisasi yang memanfaatkan teknologi, analisis sistem akan dipekerjakan untuk membantu mereka memahami cara menggunakan teknologi baru ini secara efisien.

Kesimpulan

Artikel ini hanya menyentuh permukaan dari banyak pekerjaan yang akan diminati pada tahun 2025.

Sepuluh tahun terakhir telah menyajikan tingkat pertumbuhan teknologi yang tidak terduga, dan semua tanda menunjukkan bahwa teknologi akan terus tumbuh dalam pentingannya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dengan pertumbuhan teknologi, akan ada lebih banyak perusahaan yang akan mempekerjakan orang untuk membantu mereka terus berinovasi.

Namun, bukan hanya pekerjaan di bidang teknologi yang akan diminati di masa depan.

Guru, tenaga penjualan, tukang, dan profesional kesehatan adalah empat dari banyak pekerjaan yang diharapkan akan tumbuh dalam permintaan di masa depan.

Jadi, jika kamu khawatir tentang otomatisasi, ingatlah bahwa ada banyak jalur yang berbeda yang dapat kamu tempuh, dan jika kamu melakukan sedikit penelitian, kamu akan dapat menemukan karir baru yang memenuhi kebutuhanmu.

Baca Juga: Polisi Bongkar Modus Pengumpulan Dana Teroris Usai Tangkap 4 Terduga Teroris di Solo Raya

Jika kamu tertarik dengan karir masa depan, bisa juga membaca 12 ketrampilan teknis untuk pengembangan karir masa depan.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)