Dua Nelayan Pencari Kerang Meninggal Tenggelam di Perairan Semarang, Diduga Kapal Diterjang Ombak

Basarnas lakukan pencarian nelayan kerang yang tenggelam pada Jumat, 11 Agustus 2023. (Sumber : Instagram/basarnas_jateng)

INFOSEMARANG.COM -- Sebuah kejadian tragis telah terjadi di wilayah Mangkang, Kota Semarang, di mana dua nelayan yang sedang mencari kerang di perairan utara Jawa Tengah tenggelam.

Keduanya, yakni Syamsul Hilal (32) dan Bagas (28), yang berasal dari Mangkang Wetan, Kota Semarang, berangkat melaut pada pagi Jumat, 11 Agustus 2023 untuk mencari kerang. Namun, nasib malang menimpa mereka.

Korban yang Beruntung: Tiga Nelayan Lainnya Selamat Pulang

Dalam perjalanan mencari kerang, keduanya berlayar dengan perahu mereka. Keduanya melaut bersama dengan kelompok nelayan lainnya (berisi tiga orang) yang menggunakan perahu terpisah.

Baca Juga: WOW! Nominal Kenaikan Tunjangan Kinerja PNS Bikin Melongo, Cek Aturan Terbaru Usai Disahkan Jokowi

Dari kelompok terpisah tersebut, tiga nelayan berhasil kembali dengan selamat setelah mencari kerang. Namun, tak ada kabar dari Syamsul Hilal dan Bagas.

Suara Permintaan Tolong dari Laut

Informasi penting datang dari keluarga nelayan lainnya yang berada di sekitar perairan Mangkang Wetan.

Mereka menerima laporan tentang dua kali permintaan tolong yang berasal dari perairan yang diduga merupakan lokasi hilangnya nelayan.

Dalam usaha untuk membantu, warga segera bergerak menuju lokasi tersebut untuk memulai pencarian.

Kejadian tersebut juga dilaporkan ke petugas setempat dan Basarnas Jawa Tengah.

Baca Juga: RESMI! Golkar, PAN dan PKB Dukung Prabowo Subianto Capres 2024

Jenazah Syamsul Hilal Ditemukan

Hasil pencarian pertama telah mengungkapkan keberadaan salah satu korban, Syamsul Hilal, ditemukan di sekitar lokasi tenggelam,

Sayangnya, dalam kondisi yang sangat memilukan, Syamsul dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menuturkan kemungkikan kapal yang ditumpangi Samsul dan Bagas diterjang ombang.

"Operasi pencarian tim SAR gabungan dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) sekitar tempat kejadian belum berhasil menemukan korban pencarian akan dilanjutkan besok pagi," katanya pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Pencarian Berlanjut: Jenazah Bagas Ditemukan pada Sabtu

Pencarian masih berlanjut keesekon harinya untuk menemukan Bagas. Tim gabungan akhirnya berhasil menemukan jenzah Bagas pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

"Korban berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan kearah Timur dari tempat kejadian kurang lebih 500 meter dalam keadaan mengapung korban dievakuasi dengan mengunakan Rigid Inflatable Boat ( RIB) selanjutnya dibawa kerumah duka" ujar Heru Suhartanto.

Baca Juga: Panduan Membuat CV Guru yang Memikat dan Profesional, Disertai Contoh!

Kamu mungkin juga tertarik membaca bus pariwisata terbakar habis di jalan Solo - Yogyakarta, 46 penumpang selamat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI