9 Skill Penting untuk Pengembangan Kariermu di Masa Depan

Galuh Prakasa
Senin 14 Agustus 2023, 10:07 WIB
Ilustrasi | Sembilan skill untuk pengembangan karier masa depan. (Sumber : Pexels/Christina Morillo)

Ilustrasi | Sembilan skill untuk pengembangan karier masa depan. (Sumber : Pexels/Christina Morillo)

INFOSEMARANG.COM -- Keterampilan yang dulu sangat penting untuk pekerjaan sekarang bisa diotomatisasi, menciptakan ruang di mana orang harus mengembangkan keterampilan profesional baru agar tetap berharga.

Meskipun kamu mungkin berpikir bahwa pekerjaanmu tidak dalam risiko, otomatisasi telah masuk ke hampir setiap industri di berbagai bisnis.

Hampir 47% pekerjaan di AS dapat digantikan dengan mesin pintar dan otomatisasi dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: Festival Arak-Arakan Cheng Ho 2023 di Sam Poo Kong Semarang Bakal Meriahkan HUT RI ke-78, Catat Tanggalnya!

Sekarang saatnya untuk memikirkan keterampilan dan praktik apa yang bisa kamu kembangkan untuk memastikan bahwa kariermu akan aman di masa depan.

Apa keterampilan utama yang harus kamu pelajari untuk masa depan?

Ketika mempertimbangkan keterampilan apa yang harus kamu pelajari untuk masa depan, penting untuk memikirkan apa yang akan relevan untuk kariermu dan apa yang paling diinginkan oleh perusahaan.

Berikut beberapa keterampilan yang paling diminati yang sebaiknya kamu pelajari untuk masa depan, agar kariermu tetap aman.

1. Artificial Intelligence (AI)

Kamu tidak perlu bekerja di bidang kecerdasan buatan (AI) untuk mengharapkan bertemu dengan AI di tempat kerjamu.

Perangkat lunak seperti hiperautomasi dan kecerdasan bisnis, keduanya contoh otomatisasi proses yang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan, secara teratur masuk dalam daftar tren teknologi bisnis teratas.

Teknologi ini digunakan di perusahaan-perusahaan yang telah mengalami transformasi digital, yang kini membentuk sekitar 70% dari bisnis-bisnis.

Teknologi ini mengubah cara bisnis berfungsi, meningkatkan kebutuhan akan karyawan dengan pengalaman kecerdasan buatan di berbagai industri.

Mengembangkan keterampilan kecerdasan buatan bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam, tetapi pasti akan berharga di perusahaan mana pun.

Langkah pertama untuk memahami kecerdasan buatan adalah mempelajari bagaimana cara mengembangkannya. Ini kunci untuk memahami bagaimana memanipulasi dan memberi informasi kepada kecerdasan buatan.

Setelah kamu memiliki keterampilan pengembangan yang diperlukan, kamu akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan dan memahami keterampilan AI.

Baca Juga: Kuliner Dekat Sam Poo Kong Semarang yang Wajib Dicoba

2. Coding

Coding dengan cepat menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari orang untuk dipelajari. Bahasa pemrograman memiliki berbagai tujuan dan dapat diterapkan hampir di setiap pekerjaan.

Pada titik ini, coding telah mendominasi berbagai industri sehingga para ahli berpendapat bahwa koding bisa segera menjadi keterampilan dasar.

Belajar coding adalah keterampilan yang mungkin butuh waktu. Bahasa pemrograman tertentu yang ingin kamu kuasai akan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar coding.

Jika kamu ingin belajar coding, mulailah dengan melihat berbagai jenis bahasa pemrograman dan pertimbangkan seberapa relevan bahasa-bahasa tersebut dengan kariermu.

Seringkali, orang memulai dengan bahasa yang paling mudah dipelajari seperti HTML atau JavaScript. Setelah menguasai bahasa-bahasa dasar, kamu bisa beralih ke bahasa yang lebih populer dan banyak digunakan seperti Python.

3. Cloud Computing

Cloud Computing adalah cara aman untuk menyimpan dan mengelola data perusahaan yang juga memungkinkan akses jarak jauh ke platform perusahaan.

Teknologi ini telah menjadi salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan dan menyimpan data secara aman, membuatnya populer di banyak perusahaan.

Jika kamu mengembangkan keterampilan cloud computing, kamu akan mampu memberi nasihat kepada atasanmu tentang cara terbaik mengelola cloud mereka.

Mulai dari penyimpanan data jarak jauh hingga komputasi multi-cloud, memahami berbagai aspek awan dan penggunaannya akan membuatmu berharga bagi perusahaan mana pun.

Memahami cloud berharga untuk mengelola data perusahaan secara menyeluruh, tetapi dalam lingkup yang lebih kecil, hal ini penting untuk mendistribusikan dan mengelola proyek individu secara efektif.

Mengembangkan cloud computing bersama keterampilan manajemen proyek yang berharga dapat membantu kamu mengamankan kariermu dalam mengatur dan mengelola proses perusahaan.

4. Blockchain

Kamu tidak perlu bekerja di bidang keuangan agar blockchain relevan untuk tempat kerjamu.

Jika kamu mengerti bagaimana blockchain bekerja, kamu akan memiliki pemahaman untuk menemukan masalah potensial di perusahaanmu sebelum masalah tersebut berkembang menjadi masalah nyata.

Jika kamu sudah memahami mata uang kripto dan perdagangannya, kemungkinan kamu sudah memiliki keterampilan blockchain.

Pertimbangkan untuk membaca berbagai blog tentang blockchain yang menjelaskan lebih lanjut bagaimana teknologi ini bekerja dan dapat diterapkan di perusahaanmu.

Mengetahui lebih banyak tentang bagaimana blockchain berubah dan berkembang setiap hari akan membantu kamu memajukan dan menerapkan keterampilan blockchainmu.

Untuk mengenal lebih dekat blockchain dalam kehidupan nyata, mulailah dengan mendapatkan alamat bitcoin dan dompet kripto.

Baca Juga: Lisensi Miss Universe Indonesia Resmi Dicabut Imbas Skandal Dugaan Pelecehan Seksual

5. UX Design

Internet terus tumbuh sebagai sumber utama bagi konsumen untuk mencari informasi dan produk.

Meskipun penting bagi perusahaan untuk memiliki situs web agar konsumen dapat menemukan mereka dan produk mereka, hal itu tidak berguna jika mereka tidak bisa mempertahankan konsumen di situs mereka.

Desain Pengalaman Pengguna (UX) sangat penting untuk mempertahankan pengguna di situs web. Desain UX yang buruk dapat menyebabkan tingkat bounce yang tinggi, yang menghabiskan uang perusahaan.

Perusahaan telah beralih fokus pada desain UX agar tetap kompetitif di masa depan.

Memiliki keterampilan desain UX menunjukkan kepada atasanmu bahwa kamu berinvestasi dalam memastikan pengguna memiliki pengalaman yang baik. Perusahaan menghargai keterampilan dan pola pikir ini, karena terbukti dapat diterapkan di berbagai bidang.

Kamu bisa memulai dengan mengambil kursus yang mengajarkan tentang desain dan cara menggunakan alat-alat desain penting. Untuk sepenuhnya mengasah keterampilan UX-mu, kamu harus melakukan riset tentang pengguna yang ditargetkan, sehingga kamu memahami apa yang mereka inginkan.

6. Kemampuan Berpikir Kritis

Perusahaan mencari keterampilan berpikir kritis pada karyawan mereka karena berpikir kritis menunjukkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang samar maupun kompleks.

Manajemen tidak selalu bisa mengarahkan alur kerjamu, yang berarti ketika kamu menghadapi masalah, kemungkinan besar kamu harus mengatasi tugas tersebut sendiri.

Kemampuan berpikir kritis yang kuat memungkinkan kamu menemukan solusi untuk hampir semua masalah yang muncul dalam pekerjaanmu sehari-hari.

Perusahaan ingin tahu bahwa karyawan mereka mampu mengatasi masalah secara mandiri, itulah mengapa mereka menginginkan karyawan dengan kemampuan berpikir kritis yang kuat.

Kemampuan berpikir kritis adalah keterampilan yang memerlukan disiplin diri untuk lebih dikembangkan. Coba berpikir "di luar kotak" dan secara rutin mendekati masalah dari berbagai sudut pandang.

Melakukannya akan membantu kamu berlatih berpikir secara kritis tentang masalah dan situasi.

7. Kepekaan Emosional

Kepekaan emosional telah dijelaskan dengan berbagai cara, tetapi bagi sebagian besar orang, hal ini menjelaskan kemampuan seseorang untuk mengenali emosi mereka sendiri dan emosi orang lain.

Seseorang dengan kepekaan emosional yang kuat memahami cara memproses dan mengatur perasaan mereka sendiri sambil tetap menyadari perasaan rekan kerja.

Perusahaan mencari kepekaan emosional pada karyawan karena ini menunjukkan keterampilan interpersonal yang kuat.

Karyawan yang memiliki kepekaan emosional yang kuat akan dapat berkomunikasi, berdebat, dan berselisih pendapat tanpa situasi menjadi tidak terkendali.

Hal ini penting di setiap perusahaan yang ingin menciptakan lingkungan kerja yang jujur dan kolaboratif.

Kepekaan emosional bukanlah keterampilan yang dapat dikembangkan dalam semalam. Keterampilan lunak ini membutuhkan waktu dan perhatian yang cukup terhadap lingkungan sekitarmu.

Langkah-langkah untuk lebih baik membaca dan memahami situasi di sekitarmu akan membantu meningkatkan kepekaan emosionalmu.

Baca Juga: Peluang Lolos Tinggi, Begini 5 Tips Memilih Formasi CPNS 2023, Apakah Harus Sesuai Jurusan Kuliah? Catat!

8. Komunikasi

Keterampilan komunikasi penting bagi karyawan pada semua tingkatan di dalam perusahaan.

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk kesuksesan di seluruh perusahaan.

Perusahaan yang dipimpin oleh pemimpin dengan keterampilan komunikasi yang kuat dilaporkan menghasilkan pengembalian 47% lebih tinggi, dibandingkan dengan pesaing yang memiliki komunikasi buruk.

Perusahaan menginginkan karyawan dengan keterampilan komunikasi yang efektif, baik lisan maupun tulisan, untuk meningkatkan tingkat pengembalian pendapatan.

Kamu dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dengan belajar cara berbicara dengan efektif kepada kelompok dan individu melalui kursus pengembangan keterampilan lunak secara online maupun tatap muka.

9. Kepemimpinan

Mempunyai keterampilan kepemimpinan yang kuat berarti kamu tahu bagaimana memotivasi dan mengarahkan orang lain secara efektif, menyiapkan seluruh timmu untuk sukses.

Perusahaan mencari keterampilan kepemimpinan pada karyawan untuk mempromosikan tim dan organisasi yang sukses.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih menguntungkan bagi perusahaan untuk mempromosikan dari dalam, daripada merekrut dari luar.

Ini berarti bahwa ketika datang pada peluang kepemimpinan, perusahaan lebih cenderung mempromosikan karyawannya ke posisi tersebut.

Jika kamu ingin menjamin karier di perusahaanmu, penting untuk selalu mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan pengembangan tim untuk terus naik dalam tangga karier.

Dengan menguasai keterampilan-keterampilan ini, kamu akan siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks dan terus berubah.

Selamat mengembangkan diri dan meraih kesuksesan di masa depan!

Baca Juga: Dua Nelayan Pencari Kerang Meninggal Tenggelam di Perairan Semarang, Diduga Kapal Diterjang Ombak

Kamu mungkin juga tertarik dengan sembilan pilihan karir menjanjikan hingga dekade mendatang.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:14 WIB

Diskominfo Didorong Jadi Buku Putih Informasi di Era Disrupsi

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sujarwanto Dwi Atmoko menegaskan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memiliki peran penting sebagai wajah Pemprov Jateng
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sujarwanto Dwi Atmoko
Olahraga03 Juli 2024, 10:12 WIB

Atlet Cilik Sepatu Roda Kabupaten Magelang Borong Medali Emas

Ghaisan Syair Abqary atau yang akrab dipanggil Ican, atlet sepatu roda asal Kabupaten Magelang, merebut semua emas pada nomor lomba
Atlet Cilik (Sumber: )
Semarang Raya01 Juli 2024, 18:43 WIB

Musim Liburan Sekolah Tiket Kereta Api Berbagai Tujuan dari Semarang Masih Tersedia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mencatat bahwa tiket kereta api periode libur sekolah masih banyak tersedia.
Penumpang yang akan menggunakan kereta api di stasiun Tawang Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)
Olahraga01 Juli 2024, 14:24 WIB

Mahasiswa Unnes Semarang Sumbangkan Enam Medali Emas di Ajang ASEAN University Games

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) menorehkan prestasi membanggakan dalam Asean University Games (AUG) 2024.
Mahasiswa Unnes di Ajang ASEAN University Games.
 (Sumber:  | Foto: dok Humas Unnes)