Yuk Lakukan! 7 Langkah Lunasi Hutang Pinjol, Tanpa Gali Lobang Tutup Lobang

Ilustrasi | lunasi hutang pinjol tanpa gali lobang dan tutup lobang (Sumber : Freepik/tonodiaz)

INFOSEMARANG.COM - Bayangkan jika hidup Anda bebas dari derita hutang pinjaman online (pinjol) yang selama ini mengganggu ketentraman bathin Anda, sangat menyenangkan bukan?

Seperti yang telah dikenal, proses permohonan pinjol saat ini telah semakin dimudahkan dengan kemampuan untuk mengajukan melalui perangkat ponsel atau komputer.

Bahkan, proses verifikasi permohonan hanya memerlukan waktu hitungan menit, mengizinkan dana tunai untuk segera diperoleh.

Baca Juga: Rekomendasi Bandeng Presto Semarang yang Wajib Dibawa Pulang Sebagai Oleh-oleh, Ini Daftar Tempatnya

Namun demikian, dalam mengambil keputusan untuk mengajukan pinjaman online, penting bagi Anda untuk memahami strategi pelunasan agar terhindar dari jeratan utang.

Sangat penting untuk mencegah akumulasi bunga pinjaman online yang dapat berdampak pada kesulitan pelunasan di kemudian hari, sehingga Anda tetap mampu mengatasi kewajiban tersebut.

Mari kita eksplorasi beberapa langkah di bawah ini yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan atau lunasi utang pinjol, dengan tujuan mengembalikan stabilitas keuangan Anda tanpa gali lobang tutup lobang.

Baca Juga: Iseng Kalungkan Bendera ke Leher Anjing, Pria di Bengkalis Terancam 5 Tahun Penjara

7 Langkah Lunasi Hutang Pinjol

1. Prioritasi Utang dengan Bunga Tinggi dan Tenor Pendek

Jika kamu memiliki beberapa utang pinjaman online, lebih baik utamakan pembayaran utang yang memiliki bunga paling tinggi atau tenor paling pendek terlebih dahulu.

Metode ini sangat efektif dalam mengatasi masalah keuangan secara berurutan.

Dengan melunasi utang-utang tersebut terlebih dahulu, kamu dapat menghindari akumulasi bunga yang terus meningkat atau denda setelah jatuh tempo.

Baca Juga: Syarat Honorer Diangkat PNS atau PPPK Part Time, Catat Hal Ini Jangan Sampai Kena Blacklist

2. Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga

Langkah berikutnya dalam menyelesaikan utang pinjol adalah dengan memanfaatkan pinjaman tanpa bunga.

Kamu dapat mencari pinjaman tanpa bunga dari anggota keluarga, teman, atau bahkan perusahaan tempat kamu bekerja.

Setelah utang online terbayar, kamu dapat fokus untuk melunasi pinjaman tanpa bunga tersebut sampai lunas.

Baca Juga: Nama Anak Bupati Ponorogo Jian Ayune Sundul Langit Disorot Publik Saking Uniknya, Ternyata Ini Arti Sebenarnya

3. Gunakan Sebagian Tabungan

Tabungan berfungsi sebagai cadangan untuk kebutuhan mendesak, terutama jika kamu sudah memiliki keluarga dan tanggungan lainnya.

Tidak ada salahnya menggunakan sebagian dari tabungan untuk melunasi utang online, ini dapat mencegah total pinjaman menjadi semakin besar.

Setelah utang online terbayar, kamu dapat dengan lebih leluasa menyimpan uang kembali untuk menambah simpanan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Hotel Terfavorit di Simpang Lima Semarang Dilengkapi Ulasan di Google

4. Mintalah Bantuan dari Anggota Keluarga Lain

Mungkin kamu memiliki utang online untuk kebutuhan keluarga, seperti saat orang tua sakit atau anggota keluarga membutuhkan perawatan setelah kecelakaan.

Utang ini dapat diselesaikan bersama dengan bantuan keluarga yang lebih besar. Ini dapat meringankan beban utang yang harus kamu tanggung sendiri.

Coba ajak pasangan, saudara, atau kerabat dekat lainnya untuk bersama-sama mengumpulkan dana guna melunasi utang online tersebut.

Baca Juga: 7 Rangkaian Kegiatan HUT 78 RI, Puncak di 17 Agustus 2023, Gaji PNS Naik akan Diumumkan?

5. Jual Aset

Pengajuan pinjaman online bisa menjadi cara cepat untuk mendapatkan dana tunai jika aset investasimu tidak bisa dijual dengan cepat.

Kamu juga bisa menggunakan hasil penjualan aset investasi untuk melunasi utang online. Aset investasi bisa berupa rumah, tanah, emas, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mencairkan deposito untuk membayar utang online tepat waktu dan menghindari biaya bunga dan denda yang terus bertambah.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Bendera Merah Putih Indonesia, Ukuran hingga Nama Khusus

6. Lakukan Pekerjaan atau Usaha Sampingan

Cara lain dalam menyelesaikan utang online adalah dengan menjalankan pekerjaan paruh waktu atau memulai usaha sampingan.

Seringkali pelunasan utang online terkendala oleh pendapatan yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, kamu tidak perlu putus asa karena masih ada opsi lain, yakni dengan bekerja paruh waktu atau memulai usaha sampingan.

Pekerjaan atau usaha sampingan ini dapat menambah pendapatan bulananmu, yang nantinya bisa digunakan untuk melunasi utang online dengan tepat waktu. Pilih pekerjaan atau usaha yang

Baca Juga: Fakta Mahasiswa Undip Tewas Gantung Diri di Lapangan Tembak Kodam IV Diponegoro Tembalang yang Masih Misteri

7. Pembayaran Pinjaman dengan Biaya Minimum

Beberapa platform yang menyediakan layanan pinjaman daring menawarkan opsi untuk membayar pinjaman dengan biaya yang minim, sehingga jumlahnya lebih rendah daripada cicilan wajib.

Sebagai contoh, kamu dapat membayar biaya minimal sebesar Rp400.000, meskipun sebenarnya kamu diwajibkan membayar cicilan sebesar Rp700.000 setiap bulannya.

Namun, apabila suatu saat kamu memiliki kelebihan dana, sangat penting untuk tetap melunasi utang daringmu tepat pada waktunya dan hindari tergoda untuk terus-menerus membayar biaya minimal.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Website Pembuat CV Gratis Terbaik 2023, Tersedia Beragam Template dan Panduan Penulisan

Untuk lebih waspada, masyarakat bisa melihat daftar pinjol legal dalam artikel ini "Buntut Maba Disuruh Daftar Pinjol, Ketahui Dulu Daftar Pinjol Legal yang Sudah Lolos OJK 2023 DI SINI"

Demikian informasi cara lunasi utang pinjol dengan langkah-langkah tanpa gali lobang dan tutup lobang. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI