Bukan Jakarta? Ternyata Ini Kota Paling Berpolusi Nomor 1 di Indonesia

Bukan Jakarta, Pontianak jadi kota dengan angka polusi paling tinggi di Indonesia (Sumber : Twitter/@convomfs)

INFOSEMARANG.COM - Polusi udara Jakarta memang belakangan tengah ramai diperbincangkan publik sebab Indeks IQAirnya terbilang sangat tinggi.

Kendati demikian, ternyata jika dilihat kembali terdapat kota dengan polusi paling tinggi di Indonesia dan wilayah tersebut bukanlah Jakarta.

Kalau begitu, kota paling berpolusi di Indonesia terletak di mana ya?

Baca Juga: Ayudia Bing Slamet Unggah Foto Ngeri Langit Cengkareng di Siang Hari: Kayak Masuk Dunia Berbeda

Baru-baru ini viral sebuah cuitan di salah satu akun fan base X (Twitter) @convomfs yang memperlihatkan tangkapan layar indeks kualitas udara IQAir di sejumlah wilayah Indonesia.

Pengirim utas tangkapan layar tersebut menyebutkan jika tempat tinggalnya terasa sudah sesak dan polusinya jauh lebih tinggi dibandingkan polusi udara Jakarta.

"Jakarta lagi rame ya karena polusi udara, nih No.1 tempat sender tinggal hehehe, asap sampai masuk ke rumah, sesek banget rasanya," tulis pengirim tersebut.\

Terlihat jelas skor IQAir di Kota Pontianak menyentuh angka 179 US yang membuat wilayah ini menempati urutan nomor 1 paling berpolusi di Indonesia.

Baca Juga: Bahas Polusi Udara Jakarta, Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas, Apa Saja yang Dibahas?

Sedangkan ternyata Jakarta memiliki skor 154 AQI US yang menempatkan wilayah tersebut ada di posisi nomor 6.

Publik tentu berasumsi jika di Kalimantan Barat dikelilingi hutan yang sangat rimbun sehingga kerap disebut wilayah hijau Indonesia.

Sayangnya, beberapa pengguna Twitter turut menanggapi kenyataan yang ada di Kalimantan.

Bukan dari kendaraan atau pabrik, polusi udara yang tinggi di Pontianak ternyata disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Baca Juga: HATI-HATI! Polusi Udara Jakarta Bisa Sebabkan Penyakit Ini

"wkwkwkk kota gue di nomor 1. Akhir-akhir ini udaranya emang lagi gak bagus banget, banyak abu bekas bakaran berterbangan sampai masuk ke dalam rumah. Kalau ke luar rumah kudu pakai masker, kacamata atau helm supaya abunya gak masuk ke mulut sama mata," ungkap salah seorang warganet.

"Karena di sini banyak kebakaran hutan kak, dan nggak ada hujan sama sekali," imbuh warganet lainnya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI