Fresh Graduate Jangan Terburu-buru, Hindari Kesalahan Ini saat Memilih Pekerjaan

Ilustrasi wisuda (Pixabay)

INFOSEMARANG.COM - Fresh graduate yang baru saja lulus dari perkuliahan tentu saja ingin segera mendapatan pekerjaan impian mereka dengan jenjang karir mentereng.

Kendati demikian, untuk mewujudkan impian pekerjaan dengan penghasilan stabil bukanlah hal mudah dan harus melalui proses panjang.

Tak jarang beberapa orang mengorbankan background pendidikan mereka dan banting setir memilih pekerjaan sedapatnya demi menjadikannya batu loncatan.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Mahasiswa Baru yang Harus Segera Diakhiri Jika Ingin Lancar Perkuliahan

Tapi siapa sangka, jalan yang harusnya membantu seseorang untuk mendapatkan karir impian malah menjadi bumerang dari rencana kalian?

Agar tak terjadi demikian, fresh graduate wajib memahami sejumlah poin berikut ini untuk mendapatkan pekerjaan impian tanpa terjebak batu loncatan yang salah.

1. Pahami risiko career switcher

Butuh waktu panjang memang jika pekerjaan yang kalian lamar tidak sesuai dengan perkuliahan atau pendidikan sebelumnya.

Pahami terlebih dahulu risiko serta tantangan jika nantinya di pertengahan jalan Anda ingin berganti profesi lagi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat CV untuk Mahasiswa Pencari Pekerjaan Part Time, Disertai Contoh!

Usahakan untuk tetap pada jalur di mana pekerjaan yang kalian lamar sesuai dengan background pendidikan sehingga selain ilmunya terpakai, kalian juga bisa melakukan pengembangan diri dari ilmun yang sudah didapat di perkuliahan terutama berkaitan dengan praktiknya.

2. Terlalu terburu-buru

Fresh graduate biasanya akan tergesa-gesa mencari pekerjaan, hal ini tentu juga tak lepas dari tekanan lingkungan sekitar akan prinsip menganggur lama itu buruk.

Padahal sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan mencoba merencanakan secara matang apa pekerjaan yang hendak kalian pilih agar jenjang karir menjadi jelas.

3. Jangan hanya cari pengalaman

Tidak sedikit orang-orang yang tergesa-gesa memilih pekerjaan batu loncatan demi mendapatkan pengalaman.

Baca Juga: GRATIS! Ini 3 Website Untuk Review Jurnal Buat Mahasiswa, Dijamin Auto Sat Set Bikin Tugas Dari Dosen Pakai Ini

Usahakan untuk mencari pekerjaan yang memberikan ilmu juga, jadi jangan hanya pengalaman saja.

Pahami juga apakah pekerjaan yang kalian pilih nantinya bisa menunjang karir impian selanjutnya.

Itu dia tadi tips untuk fresh graduate agar karir kalian tidak stuck gara-gara tergesa mencari batu loncatan. Semoga bermanfaat!

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI