Makna Malam Tirakatan, Tradisi 17 Agustus yang Sering Diadakan Masyarakat di Jawa Tengah

Logo HUT RI k 78 terbaru (Sumber : Webiste Resmi Setneg)

INFOSEMARANG.COM - Makna malam tirakatan tak jarang dipertanyakan oleh beberapa orang yang mungkin baru pertama kali ikut merakayan di tempat tinggal mereka.

Ya, masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di Jawa Tengah, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya tentu sudah sering mendengar tradisi malam tirakatan.

Biasanya, tradisi turun temurun ini dilakukan guna mengenang perjuangan para pahlawan yang sudah bertaruh nyawa demi merebut kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2023 yang Menyentuh Hati dengan Susunan Kata yang Indah

Umumnya, dalam acara malam tirakatan terdapat beberapa agenda seperti doa bersama, menceritakan kembali sejarah Indonesia merdeka, sampai pentas seni.

Di beberapa desa, agenda ini biasanya juga dijadikan sebagai acara penyerahan hadiah lomba 17 Agustus yang dilaksanakan beberapa hari sebelum malam tirakatan.

Baca Juga: Alasan Pengibaran Bendera Merah Putih 17 Agustus Hanya Diiringi Instrumental Indonesia Raya

Tak cuma mengenang hari kemerdekaan Indonesia, malam tirakatan juga menjadi simbol silaturahmi antar warga masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Harapannya tradisi tersebut bisa memupuk jiwa nasionalisme kepada generasi muda agar tidak pudar begitu saja.

Baca Juga: Link Live Streaming Upacara Pengibaran Bendara HUT RI 17 Agustus 2023

Mengingat kini gempuran budaya barat kian gencar, tentu saja dengan adanya malam tirakatan ini kebanggan serta jiwa nasionalisme generasi muda akan bangkit.

Ada pula harapan dengan mengadakan malam tirakatan, generasi muda nantinya bisa menjadi pahlawan masa depan yang membanggakan bangsa Indonesia di mana pun mereka berada.

Nah, itu dia tadi makna malam tirakatan yang wajib diketahui. Apakah di wilayah kalian juga terdapat tradisi malam tirakatan?

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI