Susunan Acara Malam Tirakatan 17 Agustus, Mengenang Jasa Pahlawan Sekaligus Bersilaturahmi

Ilustrasi bendera merah putih (Sumber : Unsplash/Bisma Mahendra)

INFOSEMARANG.COM - Susunan acara malam tirakatan guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus kerap dipertanyakan oleh beberapa orang terutama para panitia.

Sebelum menjelaskan tentang susunan acaranya, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa makna malam tirakatan yang sesunggunya.

Biasanya malam tirakatan sendiri merupakan tradisi menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan di sejumlah wilayah terutama Jawa Tengah dan sekitarnya.

Baca Juga: Makna Malam Tirakatan, Tradisi 17 Agustus yang Sering Diadakan Masyarakat di Jawa Tengah

Pada kegiatan ini, biasanya warga masyarakat dari berbagai usia dan kalangan berkumpul di suatu tempat dan mendengarkan sejarah kemerdekaan RI serta doa bersama.

Seiring berjalannya waktu, malam tirakatan umumnya diramaikan dengan momen menonton film bertema Kemerdekaan RI atau pentas seni hingga pembagian hadiah lomba 17an.

Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak susunan acara malam tirakatan 17 Agustus yang biasanya dilaksanakan setiap setahun sekali ini.

Baca Juga: Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2023 yang Menyentuh Hati dengan Susunan Kata yang Indah

Susunan Acara Malam Tirakatan

1. Pembukaan

Biasanya terdiri dari sambutan kepala RT atau RW setempat, serta perwakilan panitia. MC juga biasanya menjelaskan susunan acara di awal acara malam tirakatan.

2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Umumnya warga bersama-sama menyanikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh kelompok paduan suara terpilih.

Biasanya kelompok paduan suara diisi oleh pemuda pemudi RT/RW setempat atau kelompok ibu-ibu diikuti oleh warga yang menghadiri malam tirakatan.

Baca Juga: Alasan Pengibaran Bendera Merah Putih 17 Agustus Hanya Diiringi Instrumental Indonesia Raya

3. Mengheningkan cipta

Mengenang jasa para pahwalan sembari berdoa, biasanya diiringi lagu mengheningkan cipta yang juga dipandu oleh tim paduan suara.

4. Membaca teks proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pancasila

Biasanya pembacaan teks proklamasi 17 Agustus dan Pancasila dibawakan oleh perangkat desa terpilih atau pemuda-pemudi karang taruna.

5. Menyanyikan lagu kebangsaan

Memeriahkan dan membangkitkan semangat nasionalisme melalui lagu kebangsaan yang biasanya juga dibawakan oleh tim paduan suara terpilih

Baca Juga: 7 Rangkaian Kegiatan HUT 78 RI, Puncak di 17 Agustus 2023, Gaji PNS Naik akan Diumumkan?

6. Pembacaan doa

7. Pemotongan tumpeng

8. Pentas seni

9. Pembagian hadiah lomba 17 Agustus dan juga hiburan serta penutup acara.

Nah, itu dia tadi susunan acara malam tirakatan 17 Agustus yang biasanya dilaksanakan di RT atau RW setempat khususnya wilayah Jawa Tengah.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI