Google Tampilkan Doodle Istimewa Rayakan Kemerdekaan Ke-78 RI, Bawa Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Google Doodle tampilkan perayaan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. (Sumber : Google)

INFOSEMARANG.COM -- Hari ini, mesin pencari Google Search menampilkan sebuah Doodle istimewa untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Doodle Google tahun ini menggambarkan berbagai perlombaan yang sering diadakan saat perayaan 17 Agustus. Setiap perlombaan mewakili satu huruf dari kata "Google".

Pada huruf pertama "G," tergambar seorang pemain bola, sedangkan dua huruf "O" berubah menjadi raket bulu tangkis. Di Doodle Google tahun ini, ilustrator Diela Maharani menekankan isu disabilitas dengan mengubah huruf kedua "G" menjadi kursi roda.

Baca Juga: Kuliner Unik di Semarang, Makan Soto di Warung Ini Bayar Suka-suka tapi Disuguhi Soal Matematika

Sementara itu, untuk huruf "L" dan "E" pada Doodle Google, ilustrator menggambarkan gambar perlombaan balap karung serta seorang anak yang sedang berlatih pencak silat bersama gurunya.

Jika Doodle Google 17 Agustus ini di-klik, pengguna akan diarahkan ke halaman pencarian yang berisi informasi tentang Hari Kemerdekaan Indonesia. Semangat perayaan semakin terasa karena laman hasil pencarian diberi hiasan konfeti.

Melalui siaran pers, Diela Maharani mengungkapkan kebanggaannya sebagai ilustrator untuk Doodle Google dalam perayaan 17 Agustus. Doodlenya dibuat agar masyarakat Indonesia senantiasa membawa semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling belajar dan bertukar ide. Kita dapat membangun bangsa yang lebih kuat dan lebih indah," ujar Diela dikutip dari Antara, Kamis, 17 Agustus 2023.

Baca Juga: Promo Restoran Spesial HUT RI ke 78, Ada Marugame Udon sampai KFC!

Feliciana Wienathan, Manajer Komunikasi Google Indonesia, mengungkapkan bahwa data Google Trends menunjukkan banyak warga Indonesia yang ingin belajar cara merayakan Hari Kemerdekaan lebih mendalam.

"Istilah pencarian ini juga menunjukkan bahwa banyak orang di Indonesia bangga dengan negara mereka dan ingin merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang bermakna," kata Feliciana.

Pada Agustus 2022, Google Indonesia mencatat adanya peningkatan sekitar 150 persen dalam kata kunci "lomba kemerdekaan."

Selain itu, platform ini juga mencatat makanan-makanan populer seperti tumpeng, nasi kuning, kue, bakso, dan sate saat perayaan Hari Kemerdekaan.

Baca Juga: Cocok untuk Dijadikan Camilan di Hari Libur 17 Agustus 2023, Ini Resep Corn Ribs yang Lagi Viral

Kamu mungkin juga tertarik pakai baju adat ini, Kaesang Pangarep dan Sri Mulyani dapat hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI