3 Kunci Sukses menurut Islam untuk Hidup Lebih Baik di Dunia

3 kunci sukses menurut Islam untuk hidup lebih baik di dunia.

INFOSEMARANG.COM – Ada beberapa kunci sukses menurut Islam yang bisa Anda amalkan.

Jika dirangkum, ada 2 kunci sukses menurut Islam yang jika konsisten dilakukan, hal itu bisa menjadi kunci kesuksesan dalam hidup.

Berbagai kunci sukses menurut Islam ini bisa Anda sampaikan juga kepada orang lain agar menjadi amal dan pahala.

Baca Juga: Viral Jasa Penguburan Kucing Sesuai Syariat Islam Pasang Tarif Rp12 Juta, Warganet Ramai-ramai Protes Begini

Menjadi seseorang yang berhasil dalam hidup merupakan salah satu hal yang diimpikan dan dicari oleh individu. Setidaknya, ada tiga prinsip utama keberhasilan dalam kehidupan menurut pandangan agama Islam.

Ajaran Islam memberikan petunjuk kepada umatnya mengenai cara hidup yang bahagia dan sukses, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Setidaknya terdapat tiga prinsip penting untuk meraih keberhasilan dalam kehidupan menurut pandangan Islam, yang harus menjadi perhatian bagi setiap Muslim, agar kehidupannya mencapai keberhasilan sesuai dengan ajaran Al Quran dan sunnah.

Berikut ini adalah tiga prinsip kunci untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan menurut ajaran Islam:

1.   Bertakwa

Bertakwa, yaitu menjalankan perintah Allah Ta'ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Prinsip bertakwa ini juga melibatkan tawakal kepada Allah.

Allah Ta'ala berfirman dalam Surat Ath Thalaq ayat 2-3:

"Allah akan menjadikan jalan keluar bagi siapa yang bertakwa kepada-Nya, dan akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak terduga. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi keperluannya."

Menurut Tafsir Al Qurtubi 18:159, Ibnu ‘Abbas, salah seorang sahabat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, menjelaskan bahwa "Allah akan menjadikan jalan keluar" berarti melalui takwa, Allah akan melindungi individu tersebut dari kesulitan dalam dunia dan akhirat.

Baca Juga: 3 Jenis Tato yang Dilarang dalam Islam, Apakah Bisa Dihapus?

2.   Hormat dan berbakti kepada Orang Tua

Adapun kunci kesuksesan menurut Islam yang kedua adalah dengan menghormati dan berbakti kepada orang tua. Dengan mematuhi perintah ini, Allah Ta'ala akan memudahkan jalan menuju keberhasilan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Hal ini sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang menyatakan bahwa:

"Barangsiapa yang ingin umurnya dipanjangkan dan rezekinya ditambah, hendaklah ia berbakti kepada orang tuanya dan menjaga silaturahmi dengan kerabatnya."

3.   Memperbanyak Doa

Doa merupakan senjata bagi umat Muslim. Dengan keyakinan kepada Allah yang Maha Mendengar, Dia akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya sesuai dengan kehendak-Nya.

Berdoa secara konsisten memudahkan mencapai segala tujuan dan keberhasilan. Ajaran untuk rajin berdoa sesuai dengan hadis Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam:

"Tidak ada seorang Muslim yang berdoa dengan doa yang tidak mengandung dosa dan pemutusan hubungan kekerabatan, kecuali Allah akan memberinya salah satu dari tiga hal: Dia akan mengabulkan doanya segera, atau menyimpannya untuknya di akhirat, atau menghindarkan dirinya dari sesuatu yang buruk sebanding dengan doanya."

Dalam menghadapi berbagai situasi, terdapat doa yang bisa dihafal dan dibaca untuk memohon kemudahan. Berikut adalah doa yang dapat digunakan:

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah, dan Engkau yang menjadikan kesedihan menjadi mudah jika Engkau kehendaki."

Selain 3 hal di atas, ada banyak amalan atau kunci kesuksesan dalam Islam agar mendapatkan rezeki dalam Islam, yakni:

  1. Rutin melakukan sholat Dhuha
  2. Membaca Surat al-Waqi’ah
  3. Memperbanyak istigfar
  4. Rutin melakukan sedekah
  5. Menjaga dan memperpanjang silaturahmi
  6. Memperbanyak zikir pembuka rezeki
  7. Memperbanyak sholawan nabi
  8. Tadarus Alquran

Baca Juga: Hukum Menghapus Tato Menurut Islam, Wajib atau Tidak?

Itulah kunci sukses menurut Islam dan amalan pembawa rezeki yang bisa Anda lakukan setiap hari. Jangan lupa untuk mengetahui kebiasaan orang sukses saat pagi hari ya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI