Maksimalkan Bagian Penting CV Ini untuk Menarik Perhatian Rekruiter!

Galuh Prakasa
Minggu 20 Agustus 2023, 08:36 WIB
Ilustrasi | Memaksimalkan informasi penting di CV untuk menarik perhatikan rekruiter. (Sumber : Pexels/Khwanchai Phanthong)

Ilustrasi | Memaksimalkan informasi penting di CV untuk menarik perhatikan rekruiter. (Sumber : Pexels/Khwanchai Phanthong)

INFOSEMARANG.COM -- CV merupakan representasi diri Anda yang ditujukan untuk perekrut atau perusahaan.

Penting untuk memberikan kesan yang baik dan profesional melalui CV yang Anda kirimkan.

Mari kita ulas semua bagian penting yang seharusnya ada dalam CV Anda agar meberikan kesan yang baik bagi rekruiter:

Baca Juga: 10 Soft Skill yang Harus Dimiliki Setiap Salesperson untuk Menarik Pelanggan dan Meningkatkan Karier

1. Informasi Kontak

Informasi kontak dalam resume Anda mencakup:

- Nama Anda
- Gelar Profesional
- Nomor Telepon
- Email Profesional
- Akun Media Sosial (Twitter dan LinkedIn)
- URL ke Situs Pribadi Anda, Blog, atau Portofolio

Menambahkan alamat Anda adalah opsional saat ini, terutama jika Anda melamar pekerjaan di negara atau daerah yang berbeda.

Jika pekerjaan yang Anda lamar tidak lokal, tidak mencantumkan alamat Anda saat ini akan membantu menghindari kebingungan.

Tips Profesional: Setiap kali Anda memperbarui informasi kontak Anda, jangan lupa untuk memperbarui juga di Profil LinkedIn Anda.

Memiliki profil LinkedIn yang dioptimalkan dan diperbarui untuk mencerminkan CV Anda sangat penting, karena platform ini terus menjadi situs media sosial paling populer bagi para profesional.

2. Ringkasan atau Tujuan CV

Pertanyaan sulit - apa yang sebaiknya Anda letakkan di awal CV setelah informasi kontak Anda?

Memulai CV dengan ringkasan atau tujuan adalah peluang emas. Keduanya adalah pengantar singkat yang menarik perhatian dan seharusnya menyoroti perkembangan karir dan keterampilan Anda.

Jika Anda tidak memiliki banyak perkembangan karir, tuliskan dua atau tiga baris yang memberi tahu rekruter di mana Anda berada dan ke arah mana Anda akan berkembang secara profesional.

Menulis ringkasan karir profesional tidak mudah, dan lebih sulit lagi saat Anda mencoba mencari tahu cara menulis tujuan CV.

Hal paling penting yang perlu diingat saat menulis keduanya adalah bahwa Anda tidak lagi memberi tahu pemberi kerja apa yang Anda inginkan.

Alih-alih memberi tahu mereka apa yang Anda inginkan, Anda sebenarnya memberi tahu mereka bahwa Anda akan memberi mereka apa yang mereka inginkan.

3. Bagian Pengalaman

Bagian pengalaman akan membentuk inti dari CV Anda. Untuk memulai, Anda tidak perlu mencantumkan setiap pekerjaan yang pernah Anda miliki.

Hanya tambahkan pekerjaan yang Anda miliki dalam sepuluh atau lima belas tahun terakhir atau relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Namun, jangan biarkan celah besar dalam riwayat pekerjaan Anda.

Tambahkan daftar pekerjaan yang relevan dalam urutan kronologis terbalik, dimulai dari posisi Anda saat ini.

Tuliskan poin penting yang menggambarkan peran dan tanggung jawab Anda di setiap pekerjaan.

Setelah Anda mencantumkan tanggung jawab, pikirkan apakah Anda mencapai sesuatu yang signifikan saat menjalankan tugas tersebut.

Apakah Anda meningkatkan penjualan atau kepuasan pelanggan? Apakah Anda menyelesaikan proyek lebih awal?

Jika Anda dapat menambahkan angka atau detail nyata untuk menggambarkan pencapaian tersebut hal itu lebih baik.

Angka menarik perhatian rekruter pada pencapaian tersebut, dan detail membantu mereka membayangkan Anda mencapai hasil yang sama untuk mereka.

Itulah mengapa menambahkan pencapaian Anda ke dalam resume Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bagian pengalaman Anda.

Jika Anda lulusan baru, sangat baik untuk mencantumkan magang Anda. Bahkan, saat itulah mereka seharusnya dimasukkan dalam CV Anda.

Tambahkan keterampilan kunci sepanjang bagian pengalaman Anda dan pastikan Anda mencakup pengalaman yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tawaran pekerjaan.

Apa pun informasi penting yang Anda temukan dalam iklan dapat menjadi kata kunci potensial untuk resume Anda.

Juga, jangan ragu untuk mencantumkan pekerjaan "non-tradisional" seperti pekerjaan sukarela atau pekerjaan lepas, terutama jika Anda belum bekerja secara reguler dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 4 Alasan Masih Sering Ditolak saat Wawancara Kerja, Jangan Diulang Lagi

4. Bagian Pendidikan

Bagian pendidikan Anda dapat ditempatkan setelah bagian pengalaman Anda, atau Anda bisa menambahkannya sebelumnya jika Anda baru saja lulus.

Apa yang seharusnya Anda sertakan? Daftar gelar dan sekolah Anda.

Bagian pendidikan Anda juga ditulis dalam urutan kronologis terbalik, dengan gelar terbaru Anda muncul pertama.

Jika Anda memiliki gelar yang lebih tinggi, Anda tidak perlu menambahkan sekolah menengah yang Anda ikuti.

Deskripsi tentang program studi Anda.

Anda tidak perlu menambahkan deskripsi tentang apa yang Anda pelajari, tetapi Anda bisa melakukannya jika Anda lulusan baru, ingin menekankan hal itu, atau merasa sangat relevan dengan pekerjaan.

Penghargaan dan penghargaan yang Anda terima.

Masukkan penghargaan dan penghargaan yang Anda terima seperti berikut:

- Sarjana Kehormatan dalam Sastra Inggris, Universitas Purdue, Sutradara Upacara Lulus

Tips Profesional: Anda bisa melewatkan IPK Anda jika Anda seorang profesional, dan Anda bisa menambahkannya jika Anda seorang mahasiswa dan IPK Anda 3,5 atau lebih tinggi.

5. Keterampilan untuk Menarik Perhatian Rekruter

Saat mempertimbangkan apa yang harus dimasukkan dalam resume, keterampilan adalah yang paling penting.

Bagian keterampilan Anda adalah daftar keterampilan terbaik Anda. Pastikan Anda juga mencantumkan sebanyak mungkin keterampilan dari deskripsi pekerjaan.

Tapi selain dari keterampilan kata kunci dari penawaran pekerjaan, keterampilan apa yang perlu dimasukkan dalam resume?

Ada beberapa keterampilan yang diinginkan yang akan terlihat bagus dalam setiap resume, dan jika Anda memiliki keterampilan tersebut, sebaiknya Anda masukkan dalam resume Anda.

Berikut beberapa contohnya:

- Komunikasi (Tertulis dan Lisan)
- Kepemimpinan
- Perencanaan dan Berpikir Strategis
- Berpikir Analitis
- Kerja Tim atau Kerja Kolaboratif

Anda ingin menyebarkan keterampilan Anda sepanjang bagian pengalaman Anda dan letakkan keterampilan terbaik Anda di bagian keterampilan Anda.

Bagian keterampilan tradisional adalah tempat terbaik untuk daftar keterampilan Anda saat resume Anda dibaca oleh perangkat lunak Pelacakan Pelamar (ATS).

Rute alternatif untuk mendapatkan keterampilan dalam resume Anda adalah dengan membuat resume infografis.

Resume berbasis grafis memungkinkan Anda menyusun informasi yang kompleks dengan cara yang sederhana. Namun, resume infografis memiliki risiko.

Sistem Pelacakan Pelamar tidak dapat mengurai mereka dan sebagian besar rekruter juga tidak menyukainya.

Resume infografis hanya merupakan pelengkap. Anda masih memerlukan resume tradisional.

6. Hobi

Menambahkan bagian hobi dan minat ke dalam resume Anda adalah ide yang sangat bagus, terutama jika Anda memiliki ruang tambahan.

Banyak perusahaan sekarang lebih menekankan pada kepribadian dan seberapa baik mereka pikir Anda akan cocok dengan tim mereka dan budaya perusahaan.

Anda tidak harus menambahkan bagian hobi, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepribadian Anda dan membedakan diri Anda.

Ini pasti sesuatu yang harus Anda pertimbangkan untuk dimasukkan dalam resume Anda.

Baca Juga: BESOK! Tarif 4 Ruas Tol Ini Akan Naik Harga, Warga Siap-siap Jangan Sampai E-Tol Kurang

7. Bagian Tambahan Lainnya

Selain dari bagian Hobi dan Minat, ada bagian tambahan lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk dimasukkan dalam resume Anda.

Jika Anda sedang menulis resume seorang mahasiswa dan kesulitan untuk mengisinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan bagian terpisah untuk penghargaan dan kehormatan atau aktivitas tambahan, seperti kegiatan ekstrakurikuler Anda.

Jika Anda memiliki latar belakang teknis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bagian terpisah untuk sertifikat, lisensi, atau perangkat lunak.

Profesional tertentu yang telah memilih resume dibandingkan dengan CV mungkin masih menemukan relevan untuk menambahkan bagian yang menyoroti publikasi mereka atau kehadiran di konferensi.

Selain itu, Anda bisa menambahkan bagian lain untuk menunjukkan kekuatan tertentu seperti penguasaan beberapa bahasa asing.

Apa pun yang Anda putuskan untuk ditambahkan, pastikan itu tidak menghambat resume Anda atau mengganggu panjang resume Anda.

8. Sesuaikan CV Anda dengan Deskripsi Pekerjaan

Jangan lupa untuk menyesuaikan CV Anda dengan deskripsi pekerjaan - ini sangat penting.

Keterampilan dan pengalaman yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan adalah apa yang dicari oleh rekruter saat mereka awalnya memindai resume Anda.

Tambahkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan ke seluruh resume Anda.

Juga, ide bagus untuk menambahkan sebagian besar keterampilan secara verbatim. Tempatkan mereka dalam bagian pengalaman atau bagian keterampilan Anda.

Ketika seorang manajer perekrutan melihat kata-kata dari deskripsi pekerjaan, mereka akan tahu bahwa CV Anda relevan dan bahwa Anda memiliki kumpulan keterampilan yang mereka inginkan dalam calon potensial.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)