Tinggalkan Stok Bahan Makanan Saat Mudik Lebaran? Begini Cara Simpan yang Benar Supaya Tidak Basi

Sebelum mudik lebaran, pastikan Anda membeli bahan makanan secukupnya agar tidak tersisa (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM - Dalam momen mudik lebaran, sering kali terjadi pemborosan-pemborosan bahan makanan yang terpaksa harus ditinggalkan dan menjadi basi sehingga akhirnya terbuang.

Meninggalakan rumah dalam waktu yang cukup lama karena mudik lebaran pasti akan membuat beberapa bahan makanan menjadi basi.

Untuk itu, lakukan beberapa tips ini jika Anda akan mudik lebaran ke kampung halaman dan meninggalkan bahan makanan sisa di rumah. Dikutip dari Republika.co.id.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Pekerjaan Rumah Saat Ditinggal ART Mudik Lebaran ke Kampung Halaman, Nomor 2 Penting Banget

1. Gunakan wadah penyimpanan yang kedap udara

Ketika menyimpan bahan makanan, pastikan menggunakan wadah yang kedap udara untuk menjaga agar makanan tetap segar lebih lama.

Misalnya, gunakan kantong plastik yang dapat diikat erat atau kotak penyimpanan dengan tutup yang kedap udara. Penutupan wadah yang rapat juga menghindari bahan makanan dihinggapi lalat atau kutu.

2. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Simpan bahan makanan di tempat yang sejuk dan kering seperti kulkas atau lemari es. Pastikan suhu dalam kulkas diatur pada suhu yang tepat dan cukup dingin.

Untuk bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas, pastikan disimpan di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

3. Pisahkan bahan yang mudah rusak

Bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan cenderung cepat rusak jika disimpan bersama dengan bahan makanan lain.

Pastikan untuk menyimpan bahan makanan yang mudah rusak seperti itu secara terpisah dalam wadah yang kedap udara juga.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Sungkem Idul Fitri kepada Orang Tua dalam Bahasa Jawa, Santun dan Bermakna Baik

Namun sebelum itu, sebisa mungkin pastikan Anda membeli bahan makanan secukupnya jika tahu akan mudik lebaran dalam beberapa hari ke depan, terutama bahan makanan segar yang pasti cepat basi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI