Momen PM Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Iriana Jokowi Saat Baru Tiba di Lokasi KTT ASEAN 2023 Mencuri Perhatian

Momen PM Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Iriana Jokowi Saat Baru Tiba di Lokasi KTT ASEAN 2023 (Sumber : Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekertariat Presiden)

INFOSEMARANG.COM -- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN KE-43 tengah digelar di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini, Selasa (5/9/2023).

Sejumlah perwakilan negara-negara ASEAN telah hadir di lokasi, tak terkecuali Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao.

Saat tiba di lokasi, Xanana Gusmao tampak mencium tangan Ibu Iriana Jokowi.

Baca Juga: PSIS Semarang Pinjamkan Dua Pemain Muda Ridho Syuhada dan Rizky Dwi ke Klub Liga 2 untuk Tingkatkan Jam Terbang

Sontak momen tersebut langsung mencuri perhatian.

Xanana Gusmao yang hadir dengan mengenakan setelan jas warna hitam tersebut tampak berjalan menuju Ibu Iriana Jokowi yang berdiri di sisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat itu.

Sesaat setelah menjabat tangan Iriana, Xanana Gusmao langsung membungkuk dan kemudian mencium tangan Iriana.

Ibu Iriana pun kemudian membalasnya dengan sedikit membungkuk ke arah Xanana.

Baca Juga: Jangan Langsung Pulang! The Nun 2 Akan Hadirkan Mid Credit Scene, Tentang Apa?

Setelah mencium tangan Ibu Iriana, barulah Xanana menjabattangan Jokowi dan berdiri di sisi kanan orang nomor 1 di Republik Indonesia tersebut untuk berfoto bersama.

Momen PM Timor Leste yang mencium tangan Ibu Iriana Jokowi ini pun menjadi perbincangan di media sosial.

Ada yang menyebutkan bahwa hal tersebut kemungkinan adalah budaya yang berbeda dari Indonesia, namun ada pula yang mengomentarinya dengan candaan.

"Untung aja gak cipika cipiki😂😂," celetuk @erna.arpiani1 menanggapi foto yang beredar di media sosial tersebut.

Baca Juga: Tragis! Viral Remaja 19 Tahun Jadi Imam Salat Jenazah Orangtua dan 4 Adiknya Hingga Pingsan Karena Sedih Tak Terbendung

@junaidikaro, "Budaya Negara mungkin Beda beda min…"

@rioarwalasi, "pasti pak jokowi jealous😭"

@graceagustina6, "CIUM TANGAN DI TIMOR LESTE ADALAH BUKTI KEDAULATAN BANGSA. XANANA GUSMAO YG PEMBERANI MENUNJUKKAN KEPADA RAKYATNYA DIA DGN BRANI MEMAMERJAN KEMERDEKAAN TIMOR LESTE🇹🇱🇹🇱🇹🇱🇹🇱🇹🇱🇹🇱"

Dalam KTT ASEAN ke-43 ini diketahui total ada 11 perwakilan negara-negara ASEAN selain Jokowi yang sudah hadir di lokasi acara.

Baca Juga: Cara Buka Agen BRILink, Siapkan Syarat Dokumen Ini Dulu Sebelum Mendaftar

11 perwakilan yang telah hadir yakni PM Laos Sonexay Siphandone; PM Kamboja Hun Manet; Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan; Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr; PM Singapura Lee Hsien Loong; dan PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Selanjutnya, PM Vietnam Pham Minh Chinh; PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Kepulauan Cooks Mark Brown; Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin; dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah jugatelah hadir di lokasi acara. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI