Kebakaran di Sabana Gunung Bromo Gara-gara Kembang Api Properti Prewedding, Teringat Gili Lawa Darat?

Kebakaran di sabana Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur, Rabu 6 September 2023, diduga gara-gara kembang api prewedding. (Sumber : Instagram @anomharya)

Kebakaran terjadi di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang, Jawa Timur, Rabu 6 September 2023, imbasnya area wisata Gunung Bromo ditutup.

INFOSEMARANG.COM - Si jago merah melalap lahan di area sabana Gunung Bromo Rabu 6 September 2023. Terlihat pada Kamis 7 Septeber 2023 siang, pemadam kebakaran masih berusaha untuk memadamkan api.

Sabana yang kondisinya sedang kering di masa kemarau ini membuat api lebih cepat merembet secara luas. Karena adanya rumput dan ilalang yang sudah mengering menjadi mudah terbakar.

Dikutip dari infipop.id, munculnya api diduga dari percikan kembang api yang merupakan properti sekelompok orang dalam melakukan prewedding di area Gunung Bromo.

Baca Juga: Selama Agustus, 72 Kasus Kebakaran Terjadi di Wilayah Kota Semarang, Didominasi Kebakaran Ilalang dan Rumput Kering

Akibat insiden kebakaran ini, Gunung Bromo ditutup untuk wisatawan hingga waktu yang tak bisa ditentukan. Selain itu, pemulihan area yang hangus kembali seperti semula juga membutukan waktu yang tak sebentar.

Peristiwa kebakaran di Gunung Bromo ini mengingatkan kejadian di Gili Lawa Darat, Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT pada November 2018 lalu.

Kebakaran di Gili Lawa Darat ini diduga juga karena adanya properti kembang api saat pemotretan prewedding.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI