Blak-Blakan Cak Imin Ungkap Kronologi Surya Paloh Memintanya Jadi Bacawapres Anies Baswedan

Kekayaan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berdasarkan LHKPN. (Sumber : Instagram/cakiminow)

INFOSEMARANG.COM -- Pasangan tak terduga antara Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden telah menjadi sorotan politik.

Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, blak-blakan ungkap kronologi pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh hingga akhirnya kolaborasi mereka terwujud.

Cak Imin, Ketua Umum PKB itu menjelaskan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengundangnya untuk makan malam.

Baca Juga: Ratusan Lele Tumpah, Berceceran Penuhi Jalan di Penggung Gunungpati

"Saya mengira pertemuan ini penjajakan, namanya seperti penjodohan. Ada proses yang namanya saling bertanya dan saling melihat peluang dan kemungkinan," katanya dikutip dari Antara pada Senin, 11 September 2023.

Muhaimin awalnya mengira pertemuan ini hanya untuk penjajakan politik biasa, namun ternyata ada lebih dari itu.

Dalam pertemuan tersebut, terjadi diskusi yang panjang dan mendalam. Kedua partai memiliki target yang sama mengusung bakal calon presiden.

Namun demikian, NasDem telah kukuh dengan bakal calon presiden Anies Baswedan. Sedangkan PKB belum mendapatkan tempat, baik sebagai bakal calon presiden maupun bakal calon wakil presiden.

Baca Juga: Dua Sejoli yang Maling Kotak Amal Musala di Penggaron Tertangkap, Berniat Hendak Nyuri Lagi

Surya Paloh kemudian menawarkan posisi calon wakil presiden kepada Cak Imin.

"Kalau mau sekarang juga salaman, kalau nggak mau, kita tidak usah ketemu sampai nanti akhir pemilu," kata Muhaimin menirukan Surya Paloh saat pertemuan.

Muhaimin Iskandar merespons tawaran tersebut dengan berjanji akan berkomunikasi dengan para kiai dan pengurus PKB.

Dia meminta waktu dua hari untuk memberikan jawaban akhir. Dalam waktu itu, semua komunikasi dilakukan dan para kiai akhirnya menyetujuinya.

Baca Juga: 5 Fakta Pengasuh Ponpes di Semarang Rudapaksa 6 Santri, Korban Dibawa ke Bunker Bawa Tanah

"Akhirnya setelah seluruh komunikasi dilakukan, alhamdulillah para kiai bersepakat. Jika tidak ada calon lain, apa pun yang terjadi harus nyalon tahun 2024," kata Cak Imin.

Setelah semua proses berjalan, NasDem dan PKB akhirnya berkoalisi dan mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden di Surabaya pada 2 September 2023.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI