6 Desa di Terancam Krisis Air Bersih Gegara Kebakaran Bromo Akibat Flare Prewedding

Kondisi Savana Bromo Masih Terbakar Hingga Munculkan Tornado Api, Kebakaran Gara-gara Flare Prewedding Tak Kunjung Padam (Sumber : Twitter.com)

INFOSEMARANG.COM - Publik hingga kini masih menyoroti dampak yang diakibatkan oleh kebakaran Bromo usai pasangan calon pengantin melakukan foto prewedding menggunakan flare.

Akibatnya, selain berhektar-hektar lahan terbakar, sejumlah desa juga terancam krisis air bersih tepatnya di wilayah Kecamatan Sukapura, Probolinggo.

Dihimpun dari akun Instagram @nenkentertainment, ancaman krisis air bersih mendera sejumlah desa sebab pipa PVC yang mengalirkan air bersih di savana Gunung Bromo ikut rusak akibat kebakaran.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Harusnya Tayangan Ganjar Pranowo di Iklan Azan Kena Sanksi

"Air bersih ini berasal dari beberapa sumber mata air. Salah satunya berasal dari Gunung Wantangan dan juga Bukit Savana Gunung Bromo. Adanya kebakaran ini, pipa yang terbuat dari PVC di kedua sumber ini rusak," tutur kepala Desa Jetak.

Ngadirejo, Wonokerto, Ngadas, Jetak, Wonotoro dan Ngadisari menjadi sejumlah desa yang terancam krisis air bersih akibat kebakaran Bromo.

Baca Juga: Ketua Bawaslu Nyatakan Video Ganjar Pranowo dalam Tayangan Adzan Bukan Pelanggaran Kampanye

Akibatnya, demi mendapatkan air bersih, warga terdampak membeli sejumlah air di beberapa sumber dan juga mengambil dari desa tetangga.

Berbagai cara hingga saat ini terus dilakukan oleh petugas dan juga aparat demi memadamkan kebakaran Bromo yang terus meluas.

Baca Juga: Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Bisa Bersaing di Piala Asia U-23 2024

Water bombing menggunakan pesawat hingga mobil toren sudah dikerahkan demi membantu pemadaman kebakaran Bromo.

Sudah dipadamkan, sejumlah titik yang tinggal asap tak jarang kembali terbakar dan seringkali membahayakan petugas ketika berusaha memadamkan si jago merah.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI