Resmi! KA Semi Cepat Jakarta-Semarang Jadi Proyek Prioritas Sebelum Jokowi Lengser

KA Semi Cepat Jakarta-Semarang Jadi Proyek Prioritas Sebelum Jokowi Lengser (Sumber : instagram.com/skyscrapersemarang)

INFOSEMARANG.COM -- Sebelum melepaskan jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan 44 proyek prioritas strategis/major project dalam rencana kerja pemerintah (RKP) pada 2024.

Dari 44 proyek prioritas yang ditetapkan Jokowi berdasarkan Lampiran I Perpres No. 52/2023 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024, salah satu proyek yang menjadi prioritas adalah KA Kecepatan Tinggi Pulau Jawa (Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung).

Melansir dari berbagai sumber, KA semi cepat ini berbeda dengan Kereta yang bekerjasama dengan Jepang untuk perjalanan Jakarta-Bandung sebelumnya.

Baca Juga: Buntut Pecat Guru Honorer Favorit yang Melaporkannya, Kepala Sekolah SDN Cibereum 1 Bogor Akhirnya Dicopot Wali Kota

Proyek ini merupakan program peningkatan kecepatan jalur KAI yang existing yang dilakukan oleh KAI dan Ditjen KA dengan target vmax 160 km/h atau setara KA semicepat yang ditawarkan oleh Jepang sebelumnya.

Di sisi lain, mengutip dari @skyscrapercitysemarang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian sempat mengungkapkan progres rencana operasional kereta semi cepat Jakarta-Semarang yang merupakan proyek jangka panjang pemerintah.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapiaan Djarot Tri Wardhono mengungkapkan bahwa pihaknya masih melakukan tahap studi lebih lanjut untuk proyek tersebut.

Diketahui bahwa saat ini durasi perjalanan dari Jakarta (Gambir) menuju Semarang (Tawang) yakni sekitar 5 jam 10 menit.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI