Benda Bercahaya di Langit Bikin Heboh Warga Klaten hingga Jogja, Meteor Jatuh?

Penampakan benda bercahaya di langit diduga meteor atau bintang jatuh, terlihat di Klaten hingga Yogyakarta, Kamis 14 September 2023 malam. (Sumber : Twitter @radiantoko)

Sempat ramai pembahasan soal bintang jatuh di media sosial setelah sejumlah netizen mengunggah video penampakan benda bercahaya yang melesat di langit, benarkah meteor?

INFOSEMARANG.COM - Netizen heboh setelah melihat penampakan benda bercahaya yang melintasi langit yang terlihat mulai dari Klaten, Yogyakarta hingga Bandung. Fenomena ini terjadi pada Kamis 14 September 2023 tengah malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Dalam video rekaman yang viral beredar di media sosial, terlihat bulatan cahaya terang dengan warna oranye kemerahan. Cahaya menggaris panjang yang merupakan bekas lintasan dari benda tersebut.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Kendal tapi Tak Berasa? Ini Penjelasannya

BRIN memberikan klarifikasi jika benda bercahaya di langit tersebut diduga kuat memang meteor atau bintang jatuh. Fenomena ini sebenarnya merupakan hal biasa.

Namun karena cahayanya yang cukup terang membuat warga menjadi heboh karena langka bisa terekam kamera.

Pihak BRIN menyebut biasanya meteor akan lebih dulu hancur sebelum sampai ke permukaan bumi. Atau bisa jadi meteor tersebut jatuh ke Samudra Hindia jika dilihat dari arahnya.

Sementara itu pihak BMKG, dikutip dari lama Republika, juga memperkirakan benda bercahaya tersebut merupakan meteor. Meski dari hasil pengamatan belum ada catatan mengenai jatuhnya meteor.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI