Begini Respon Najwa Shihab Soal Pernyataan Ganjar Pranowo yang Dinilai Rendahkan Jurnalis dan MC

Respon Najwa Shihab soal polemik pernyataan Ganjar Praowo dinilai rendahkan profesi jurnalis dan MC. (Sumber : YouTube Najwa Shihab)

INFOSEMARANG.COM -- Najwa Shibab merespons polemik pernyataan Ganjar Pranowo yang disebut merendahkan profesi jurnalis dan MC dalam program Mata Najwa: Bacapres Bicara Gagasan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa, 19 September 2023.

Dalam program tersebut, Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus seharusnya memilih menjadi dosen, bukan berkarir di bidang lain.

“Mbak, Ya lulusan 10 besar terbaik itu jadi dosen, iya toh, masa jadi MC?” kata Ganjar.

"Siapa Mas (MC)? Saja jurnalis bukan MC," kata Najwa

“Bukan ya? ya, jurnalis lah kalau begitu,” ujar Ganjar.

"Dan jurnalis profesi yang membanggakan lho Mas," timpal Najwa.

Baca Juga: Erick Thohir dan Dirut PT Telkom Digugat Tersangka Korupsi Bakhtiar Rosyidi Ganti Rugi Sebesar Rp 21,5 Miliar

Dalam konteks pembicaraan tersebut, menurut Najwa, Ganjar Pranowo ingin menekankan betapa pentingnya institusi pendidikan untuk mendapatkan orang-orang terbaik.

"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya tentang pentingnya institusi pendidikan, untuk mendapatkan orang-orang terbaik," kata Najwa dikutip dari Antara pada Jumat, 22 September 2023.

Saat perbincangan tersebut, Najwa merasa perlu untuk merespons pernyataan Ganjar agar tidak terjadi ambiguitas dan disalahpahami masyarakat.

"Saya tentu perlu merespons saat itu, karena tugas jurnalis, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," katanya.

Lebih lanjut, Najwa berharap bahwa masyarakat akan memahami isi dari program tersebut dan tidak terjebak dalam berpolemik karena informasi yang kurang jelas atau tidak lengkap.

Baca Juga: Guru Wajib Tahu! Perubahan Penting di Seleksi PPPK Guru Tahun 2023, Honorer P1 Langsung Ditempatkan, Ada Situational Judgement Test

Ia mengingatkan publik untuk fokus pada gagasan dan visi program tersebut, yang merupakan tujuan awal dari acara tersebut.

"Saya senang dengan antusiasme publik terhadap berbagai isi dialog kemarin, tapi juga berharap publik jangan terjebak hanya fokus ke potongan-potongan detil dan kontroversial dari percakapan. Tapi sesuai tujuan awal acara ini diadakan, bisa melihat secara utuh gagasan -gagasan atau visi programatik dari tiap bacapres,"

Menurut Najwa, saat ini, semua profesi, termasuk jurnalis, MC, politikus, guru, dosen, dan profesi lainnya, memiliki peran yang sangat penting.

Di setiap profesi, lanjut Najwa, diperlukan individu yang memiliki kualitas terbaik.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI