Kemenkes Buka 7.249 Formasi di Seleksi CASN dan PPPK 2023, Mayoritas untuk PPPK Tenaga Kesehatan

Kemenkes RI buka 7.249 formasi CASN dan PPPK 2023. (Sumber : Dok. Kementerian Kesehatan)

INFOSEMARANG.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI buka 7.249 formasi untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, sekitar 7.249 formasi diperlukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2023.

Dari jumlah tersebut, 154 formasi disediakan untuk CASN dosen, sementara 7.095 formasi lainnya untuk PPPK.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Ngaku Siap Diperiksa Bawaslu Usai Diduga Langgar Netralitas

Kunta menjelaskan bahwa alokasi formasi ini telah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Untuk rinciannya, sebanyak 6.388 formasi dialokasikan untuk tenaga kesehatan, sementara 707 formasi untuk tenaga teknis, dengan masa perjanjian kerja selama lima tahun.

Calon peserta yang tertarik untuk mengikuti seleksi ini dapat mencari informasi lebih lanjut di laman resmi https://casn.kemkes.go.id mengenai kualifikasi pendidikan dan persyaratan lainnya.

Sedangkan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://sscasn.bkn.go.id mulai tanggal 22 September hingga 3 Oktober 2023.

Kunta sangat menyarankan agar calon peserta memeriksa dengan teliti semua persyaratan yang berlaku, termasuk tata cara pelamaran, jadwal dan tahapan seleksi, serta sistem kelulusan.

Baca Juga: Alasan Kaesang Pangarep Masuk PSI, Murni Karena Visi dan Misi?

Dia menegaskan bahwa seleksi administrasi adalah tahap awal dari penerimaan CASN, sehingga penting bagi semua calon peserta untuk mematuhi semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Penting untuk dicatat bahwa setiap pelamar hanya diperbolehkan membuat satu akun di laman pendaftaran menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing.

Selain itu, pelamar diharapkan mengikuti perkembangan informasi terkait penerimaan PPPK di lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2023 melalui laman yang sama.

Jika ada hal-hal yang kurang jelas terkait pelaksanaan seleksi penerimaan CASN tahun 2023, pelamar dapat membaca dan memahami Frequently Asked Questions (FAQ) di laman https://helpdeskcasn.kemkes.go.id/ atau menghubungi Halo Kemkes di nomor 1500567 (dalam jam kerja 07.00-23.00 WIB, kecuali hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional).

Baca Juga: Siapa Budi Said? Crazy Rich Surabaya, Bikin PT ANTAM Kalah Gugatan dan Harus Ganti Rugi Rp 1,1 Triliun, Ini Profilnya!

Kementerian Kesehatan juga menyediakan Email casn@kemkes.go.id khusus untuk pengaduan adanya dugaan pelanggaran dalam pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2023.

"Seleksi penerimaan CASN di lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2023 tidak dipungut biaya. Seluruh rangkaian seleksi akan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel," kata Kunta Wibawa.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI