Usai Pemerintah Larang TikTok Shop Beroperasi, Diprediksi TikTok Akan Menjadi Dua Platform

Ilustrasi | Diprediksi TikTok Akan Menjadi Dua Platform (Sumber : Pixabay)

INFOSEMARANG.COM -- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa pemerintah akan mengatur kembali terkait Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Adapun tindakan ini dilakukan usai ramainya keluhan UMKM yang menyebutkan bahwa penjualan menurut dengan ketatnya persaingan dengan TikTok Shop.

Zulhas juga mengatakan bahwa nantinya social commerce hanya diperbolehkan untuk memfasilitasi promosi barang atau jasa.

Baca Juga: Nasabah Siap-siap, BCA Akan Tutup Rekening Saldo Nol Rupiah Per Tanggal Ini

Usai mengumumkan hal terkait pelarangan terhadap platform media sosial ini, sejumlah content creator pun menyebutkan bahwa akan ada kemungkinan bagi TikTok untuk menjadikan platformnya menjadi dua.

Sehingga TikTok dan TikTok Shop nantinya akan menjadi dua platform yang tetap ada meski dipisahkan.

Salah satu perkiraan ini juga disampaikan oleh Digital Creator bernama Victoria Wong atau yang juga dikenal dengan Cici Konten di salah satu unggahannya di Instagram.

"Jadi bukan TikTok yang akan di banned, tapi setelah melihat berita-berita yang ada itu disebut e-commerce dan sosmed itu harus dipisah. Nah jadi, bukan TikTok yang bakal di banned, prediksiku kedepannya ini bakal ada dua platform," ungkapnya pada video reels yang diunggah Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: Giliran Mendikbud Nadiem Makarim Disentil Warganet Usai Marak Aksi Bullying di Sekolah

Namun hal ini tentunya baru perkiraan saja.

Hingga artikel ini diturunkan, belum ada pernyataan dan kepastian dari pihak TikTok terkait pemisahan platform TikTok sebagai media sosial dan TikTok Shop sebagai e-commerce ini nantinya.

Sehingga pengguna perlu sedikit lebih bersabar terkait perkembangan dari platform yang kini digunakan hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia ini. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI