Taspen Fasilitasi ASN Dapatkan Kredit Rumah DP 0%, Tenor Hingga 40 Tahun

Taspen perkenalkan kredit rumah DP 0 Persen untuk ASN, tenor hingga 40 tahun. (Sumber : Pexels/Thirdman)

INFOSEMARANG.COM -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) perkenalkan program DP 0% cicilan hingga 40 tahun untuk Aparatur Sipil Negera (ASN) agar bisa memiliki rumah.

Direktur Utama PT Taspen, Antonius Nicholas Stephanus Kosasih, mengumumkan inovatifnya fasilitas ini.

Antonius menjelaskan bahwa kesempatan memiliki rumah bagi ASN adalah bagian dari program Perumahan ASN yang diinisiasi oleh Taspen.

Baca Juga: Bukan Larang TikTok Shop, Mendag: Hanya Mengatur Ulang Regulasinya

Program ini akan dijalankan melalui kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) serta pemerintah daerah.

Melalui skema mencicil hingga 40 tahun, ASN dapat terus melunasi cicilan meskipun sudah pensiun.

Antonius memberikan contoh, "Misalnya, jika seseorang mulai mencicil pada usia 28 tahun dan pensiun pada usia 58 tahun, maka dia hanya perlu mencicil selama 30 tahun. Sisa 10 tahun bisa dilunasi setelah pensiun, dengan gaji pensiunnya dikelola melalui Taspen dan kerjasama dengan BPD."

Program perumahan ASN ini lahir dari temuan dalam survei yang dilakukan oleh Taspen.

Baca Juga: VIRAL Perempuan Teriak Minta Tolong dan Dipaksa Masuk Mobil, Pemilik Kendaraan Diamankan dan Dimintai Keterangan

Survei tersebut mengungkapkan bahwa salah satu kekhawatiran utama ASN adalah ketidakmampuan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Selain itu, 25 hingga 30 persen ASN belum memiliki rumah.

"Kami merasa tertantang sebagai pengelola dana pensiun untuk membantu ASN agar bisa memiliki rumah sendiri. Inilah alasan kami bekerja sama dengan berbagai BPD," katanya.

Program perumahan ASN saat ini sudah mulai diterapkan melalui kerjasama Taspen dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Utara dan Bank SulutGo.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI