Marak Kebakaran Hutan, Berikut Doa Supaya Terhindar dari Musibah Kebakaran

Kebakaran di Gunung Lawu merembet hingga ke Puncak, api melalap sejumlah warung termasuk milik Mbok Yem. (Sumber : BPBD Jatim)

INFOSEMARANG.COM- Memasuki fenomena kemarau panjang menyebabkan linkungan menajdi kering dan mudah terbakar.

Untuk mencegah musibah kebakaran yang semakin sering terjadi, umat Islam dapat memohon perlindungan dan mengharapkan pertolongan Allah SWT melalui doa.

Khususnya di musim kemarau seperti saat ini, risiko kebakaran menjadi lebih tinggi, baik di hutan, lahan kosong, maupun akibat pembakaran sampah di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Proyek Peninggian Jalan Hasanudin Semarang Dimulai Demi Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Baru-baru ini, kita menyaksikan kebakaran yang melanda Gunung Lawu dan Gunung Bromo, di mana beberapa di antaranya disebabkan oleh kelalaian manusia, seperti wisatawan yang menyalakan flare atau suar.

Musim kemarau yang panjang dan tanpa hujan semakin memperparah situasi ini.

Oleh karena itu, sebagai upaya pencegahan, terutama di musim kemarau yang rawan kebakaran, umat Muslim dapat membaca doa berikut ini.

Baca Juga: Kondisi Jalan di Tanjakan Tanah Putih Sering Tergenang Air, Warga Khawatir Bahayakan Pengendara

Sebagaimana yang diunggah di laman resmi Nahdlatul Ulama (NU Online):

بِسْمِ اللَّهِ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ مَا شَاءَ اللَّهُ كُلُّ نِعْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ مَا شَاءَ اللَّهُ الْخَيْرُ كُلُّهُ بِيَدِ اللَّهِ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا يَشْرِفُ السُّوءَ إِلَّا بِاللَّهِ

Artinya: "Dengan nama Allah, Maha Suci Allah. Tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Maha Suci Allah, segala nikmat berasal dari Allah. Maha Suci Allah, segala kebaikan berada dalam kendali Allah. Maha Suci Allah, keburukan tidak akan datang kecuali dengan izin Allah."

Baca Juga: Shin Tae-yong Panggil 25 Pemain dalam Laga Timnas Indonesia Lawan Brunei Darussalam, TC Digelar Singkat Jelang Pertandingan

Doa ini tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kebakaran.

Tetapi juga dapat melindungi dari berbagai musibah lainnya, seperti pencurian dan fitnah kejam dunia.

Namun, ketika musibah kebakaran telah terjadi.

Baca Juga: Dua Tersangka Kasus Rumah Produksi Film Dewasa "Kelas Bintang" Menikah di Polda Metro Jaya

Umat Muslim dapat membaca doa berikut ini, dengan tujuan agar selamat dari bahaya tersebut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَدْمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ وَالْحَرِيقِ وَأَعُوذُ بِكَ أَن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِندَ الْمَوْتِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tertimpa reruntuhan. Aku berlindung kepada-Mu dari jatuh dari tempat yang tinggi. Aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam dan kebakaran. Aku berlindung kepada-Mu dari bujuk rayu setan ketika (menjelang) kematian (sakaratul maut). Aku berlindung kepada-Mu dari mati di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri. Aku berlindung kepada-Mu dari mati karena sengatan binatang."

Baca Juga: Lomba Lari Obor Kecamatan Gajahmungkur 4 November 2023, Hadiahnya Fantastis

Semoga dengan doa-doa ini, kita dapat terhindar dari musibah kebakaran dan berbagai bahaya lainnya.

Serta selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI