Diusulkan Jadi Ketum PDIP, Jokowi Justru Usulkan Nama Anak-Anak Megawati

Jokowi dan dua cucunya, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution. (Sumber : Instagram/jokowi)

INFOSEMARANG.COM -- Presiden Jokowi telah memberikan tanggapannya mengenai usulan untuk menjadikannya sebagai ketua umum (ketum) PDIP.

Usulan untuk menjadikan Jokowi sebagai ketum PDIP berasal dari Guntur Soekarnoputra, kakak Megawati.

Guntur mengusulkan agar Jokowi menjabat sebagai ketum sementara Megawati menjadi dewan pembina. Dukungan juga datang dari Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Baca Juga: Bikin Bangga! Marshal Lokal dari NTB Bakal Banyak Dilibatkan di MotoGP Mandalika 2023

Menurut Jokowi, banyak tokoh muda yang memiliki potensi untuk mengisi posisi tersebut.

Dia menyebutk kedua anak Megawati, yakni Puan Maharani dan Prananda Prabowo adalah kandidat yang pantas untuk menggantikan Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

"Banyak yang muda-muda. Mbak Puan, mas Prananda. Gitu kan," ujarnya dikutip dari Republika.

Usai jabatan Presiden berakhir pada 20 Oktober 2024, Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

"Saya ingin pensiun dan pulang ke Solo," katanya.

Baca Juga: Ahmad Sahroni Kritik Mahfud MD Bocorkan Status Tersangka Syahrul Yasin Limpo: Sejak Kapan Pak Menko Jadi Jubirnya KPK?

Usulan Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP ini semakin mendapatkan perhatian seiring dengan putra Jokowi, Kaesang Pangarep, yang baru-baru ini terpilih sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hanya dalam waktu dua hari setelah bergabung dengan partai tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan bahwa penentuan ketum akan dilakukan dalam Kongres PDIP yang dijadwalkan pada pertengahan tahun 2025.

Keputusan akan diambil oleh utusan dari pengurus daerah PDIP dalam kongres tersebut.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI