Waduh! Tiga Kota Ini Diperkirakan Akan Hadapi Suhu Ekstrem Tinggi, Terjadi di Pertengahan Oktober 2023

Ilustrasi | tiga Kota Diperkirakan Akan Hadapi Suhu Ekstrem Tinggi, Terjadi di Pertengahan Oktober 2023 (Sumber : Freepik)

INFOSEMARANG.COM -- Musim hujan kini sangat dinantikan di Indonesia.

Pasalnya, kemarau panjang sudah menyebabkan beberapa wilayah kekeringan dan mulai kekurangan pasokan air.

Di sisi lain, menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), puncak musim kemarau di Indonesia diperkirakan akan terjadi pada Oktober 2023.

Baca Juga: Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Setelah Lama Menikah, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Adapun kemarau panjang ini disebutkan disebabkan karena terjadinya 2 fenomena iklim yaitu El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD).

Tak hanya Indonesia, kedua fenomena tersebut juga menyebabkan negara-negara lain yang terletak di garis khatulistiwa turut merasakan dampak yang cukup besar hingga alami musim kemarau yang berkepanjangan.

Selain itu, beberapa wilayah di Indonesiaseperti Surabaya, Semarang, dan Jakarta pun diperkirakan akan menghadapi suhu ekstrem tinggi pada pertengahan Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga: Breaking News: Timnas Indonesia Batal Panggil Jordi Amat Untuk Laga Melawan Brunei Darussalam, Mengapa?

Meski demikian, BMKG menyatakan bahwa awal musim hujan di Indonesia untuk periode tahun 2023/2024 diperkirakan tidak akan terjadi secara serentak.

Namun tentunya hujan diharapkan akan segera mengguyur Indonesia dan sebagian wilayah akan mendapatkan hujan pada bulan Oktober ini. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI