Bikin Pusing, Ternyata Ini Alasan Otentikasi Taspen Gagal Terus

Aplikasi Otentikasi Taspen (Sumber : Instagram/@taspen)

INFOSEMARANG.COM - Otentikasi Taspen adalah proses verifikasi yang dilakukan oleh pelanggan untuk memastikan bahwa dana pensiun bulanan benar-benar diterima oleh berhak. Proses otentikasi ini harus dilakukan secara berkala, tergantung pada jenis pensiun yang diterima.

Namun, banyak pensiunan yang mengeluhkan bahwa otentikasi Taspen sering gagal. Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pensiunan, karena mereka khawatir dana pensiun mereka tidak akan cair.

Berikut ini adalah beberapa penyebab otentikasi Taspen gagal terus:

Baca Juga: Tak Terima Komplen Klaim Online Dana Pensiun Bermasalah, PT Taspen Pilih Batasi Kolom Komentar di Instagram

  • Koneksi internet yang buruk

Penyebab paling umum dari otentikasi Taspen gagal adalah koneksi internet yang buruk. Proses otentikasi Taspen membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk mengirimkan data dan menerima hasil verifikasi. Jika koneksi internet Anda buruk, proses otentikasi akan gagal.

  • Perangkat yang tidak kompatibel

Otentikasi Taspen hanya dapat dilakukan melalui perangkat yang kompatibel, yaitu smartphone dengan sistem operasi Android versi 5.1.1 atau lebih tinggi, atau iOS versi 7.0 atau lebih tinggi. Jika perangkat Anda tidak kompatibel, otentikasi akan gagal.

  • Data yang tidak valid

Penyebab lain dari otentikasi Taspen gagal adalah data yang tidak valid. Pastikan Anda memasukkan data yang benar, seperti nomor rekening, tanggal lahir, dan Nomor Induk Pegawai (NIP). Jika data Anda tidak valid, otentikasi akan gagal.

Baca Juga: Klaim Online Taspen Sering Error, Adakah Kaitannya dengan Kasus Korupsi Dana Pensiun yang Diungkap Erick Thohir?

  • Kesalahan sistem

Dalam beberapa kasus, otentikasi Taspen gagal juga bisa disebabkan oleh kesalahan sistem. Jika Anda sudah mencoba semua solusi di atas, tetapi otentikasi masih gagal, Anda dapat menghubungi call center Taspen untuk mendapatkan bantuan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah otentikasi Taspen gagal:

  • Lakukan otentikasi di tempat yang memiliki koneksi internet yang stabil

Pilihlah tempat yang memiliki koneksi internet yang stabil, seperti di rumah atau di kantor. Hindari melakukan otentikasi di tempat yang ramai, seperti di pusat perbelanjaan atau di transportasi umum.

  • Gunakan perangkat yang kompatibel

Pastikan perangkat Anda kompatibel dengan aplikasi Taspen Otentikasi. Jika Anda tidak yakin apakah perangkat Anda kompatibel, Anda dapat memeriksanya di situs web Taspen.

Baca Juga: Aplikasi Taspen Otentifikasi Error? Klaim Dana Pensiun Bisa di tos.taspen.co.id

  • Periksa data Anda dengan cermat

Pastikan Anda memasukkan data yang benar, seperti nomor rekening, tanggal lahir, dan NIP. Anda dapat memeriksa data Anda di situs web Taspen.

  • Hubungi call center Taspen jika otentikasi masih gagal

Jika Anda sudah mencoba semua solusi di atas, tetapi otentikasi masih gagal, Anda dapat menghubungi call center Taspen untuk mendapatkan bantuan.

PT Taspen terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanannya, termasuk otentikasi Taspen. Namun, jika Anda mengalami otentikasi Taspen gagal, Anda dapat mengikuti tips di atas untuk mencegahnya terjadi lagi.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI