Posisi Kursi yang Aman di Kereta Api, Dijamin Perjalanan Semakin Nyaman

Ilustrasi duduk di kereta api (Sumber : Pixabay)

INFOSEMARANG.COM - Baru-baru ini publik dikejutkan dengan berita kecelakaan kereta api terguling di rel jalur selatan Wates-Yogyakarta. Kecelakaan ini dialami oleh KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis yang mengalami anjlok pada hari ini, Selasa 17 Oktober 2023 sekitar pukul 13.15 WIB. 

Pihak PMI Kulonprogo memberikan kabar jika tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun beberapa penumpang mengalami luka-luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Terlepas dari peristiwa tersebut, tentu saja banyak orang bertanya-tanya, apakah ada posisi kursi yang aman di kereta api untuk penumpang? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Baca Juga: Kecanduan Media Sosial? Ini Cara Membatasi Diri yang Mulai Kecanduan Media Sosial

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian. Selain hemat waktu, kekinian kereta api jadwalnya tergolong selalu tepat, biayanya pun tergolong tidak terlalu mahal.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat naik kereta api, salah satunya adalah posisi kursi.

Posisi kursi yang aman saat naik kereta api adalah posisi kursi yang searah dengan laju kereta. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko mual dan muntah, terutama bagi penumpang yang mudah mengalami mabuk perjalanan.

Selain itu, posisi kursi yang searah dengan laju kereta juga memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan dengan lebih leluasa.

Baca Juga: Ditinggal Suami Pendidikan Perwira, Dokter Cantik Ini Malah Kumpul Kebo dengan Mahasiswa UNHAS

Berikut adalah beberapa tips memilih posisi kursi yang aman saat naik kereta api:

  • Pilih kursi di gerbong tengah. Gerbong tengah lebih stabil daripada gerbong depan atau belakang. Hal ini dikarenakan gerbong tengah tidak mengalami guncangan yang terlalu besar.
  • Pilih kursi di dekat jendela. Kursi di dekat jendela memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan. Selain itu, kursi di dekat jendela juga lebih mudah untuk keluar jika terjadi keadaan darurat.
  • Pilih kursi di dekat toilet. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya penyakit pencernaan, sebaiknya pilih kursi di dekat toilet. Hal ini untuk memudahkan Anda jika ingin ke toilet.

Baca Juga: 7 Fakta Kereta Argo Semeru dan Argo Wilis Anjlok di Kulon Progo, Dugaan Penyebab hingga Kondisi Rel

Berikut adalah beberapa posisi kursi yang tidak aman saat naik kereta api:

  • Posisi kursi yang berlawanan arah dengan laju kereta. Posisi kursi ini dapat meningkatkan risiko mual dan muntah.
  • Posisi kursi di gerbong depan atau belakang. Gerbong depan atau belakang lebih rentan mengalami guncangan yang besar.
  • Posisi kursi di dekat pintu darurat. Posisi kursi ini dapat mengganggu penumpang lain yang akan keluar jika terjadi keadaan darurat.

Baca Juga: PMI Kulon Progo: Tidak Ada Korban Jiwa dalam Kecelakaan Kereta Api Argo Semeru yang Anjlog di Petak Jalan Sentolo-Wates

Dengan memilih posisi kursi yang aman, Anda dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan Anda dengan kereta api.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI