Besok, Firli Bahuri Kembali Dipanggil Polda Metro Jaya, Keterangannya Bakal Tentukan Tersangka di Kasus SYL

Penjadwalan ulang pemeriksaan Ketua KPK, Firli Bahuri diagendakan besok Selasa, 24 Oktober 2023. (Sumber : PMJNews)

INFOSEMARANG.COM -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, dijadwalkan memberikan kesaksian dalam penyelidikan dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Pemeriksaan kali ini merupakan penjadwalan ulang, menyusul Firli Bahuri tidak hadir pada undangan pemeriksaan saksi yang dijadwalkan Polda Metro Jaya pada Jumat, 20 Oktober 2023 lalu.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menganggap keterangan dari semua saksi, termasuk Firli Bahuri, sangat penting untuk menentukan tersangka dalam kasus ini.

Baca Juga: Bagas/Fikri Berakhir Runner Up di Final Denmark Open 2023, Kalah Keempat Kalinya dari Aaron/Soh

Selain itu, kesaksian dari para saksi akan digunakan sebagai alat bukti yang akan disandingkan dengan bukti lain untuk membantu penanganan kasus ini.

"Seluruh saksi yang dipanggil dan dimintai keterangannya pada proses penyidikan yang sedang kami lakukan dalam rangka untuk mengumpulkan dan mencari yang dengan itu membuat terang tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya,”," ungkap Ade Safri pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Sebelumnya, sudah ada 52 orang yang memberikan kesaksian kepada tim penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Ade Safri Simanjuntak menjelaskan bahwa jumlah saksi ini merupakan total kesaksian yang diperoleh hingga pemeriksaan pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Ade Safri tidak merinci identitas saksi-saksi yang sudah memberikan kesaksian dalam tahap penyidikan yang statusnya ditingkatkan setelah gelar perkara pada Jumat, 8 Oktober 2023.

Baca Juga: Alasan Gibran Tidak Datang Saat Diumumkan Jadi Cawapres Pilpres 2024 oleh Prabowo, Ternyata...

Namun, dia mengungkapkan bahwa dari 52 saksi yang diperiksa, terdapat 7 saksi dari pegawai KPK dan 14 saksi dari Kementerian Pertanian RI.

Perlu dicatat bahwa beberapa saksi dengan identitas terkenal menjalani pemeriksaan dalam tahap penyidikan, termasuk Eks Wakil Ketua KPK periode 2015-2019, Saut Situmorang, Eks Wakil Ketua KPK periode 2007-2011, Mochammad Jasin, Ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta, Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI