Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet, Menteri Pertanian Baru Jatah Partai Demokrat?

Presiden Jokowi merencanakan reshuffle Kabinet minggu ini. (Sumber : Sektretariat Negara)

INFOSEMARANG.COM -- Presiden Joko Widodo berencana untuk melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam waktu dekat.

Reshuffle ini bertujuan untuk melantik seorang menteri pertanian definitif menggantikan Syahrul Yasin Limpo, yang mengundurkan diri akibat tersangkut dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Jokowi mengungkapkan rencana ini setelah menghadiri seminar ekonomi di Jakarta pada hari Selasa, 24 Oktober 2023.

"Mungkin minggu ini," katanya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Mencoba Berdamai, Ini 4 Cara Untuk Memaafkan Diri Sendiri

Pasca pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo, jabatan menteri pertanian dipegang oleh Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, yang menjalankan tugas tersebut sebagai pelaksana tugas (plt).

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa perombakan kabinet masih dalam tahap persiapan, dan belum dapat dipastikan kapan tepatnya perubahan ini akan dilaksanakan.

"Masih disiapkan," ujar Jokowi.

Ketika ditanya apakah menteri pertanian yang baru akan berasal dari Partai Demokrat, Jokowi tidak memberikan komentar lebih lanjut.

Dia hanya menganggukkan kepala sebagai respons terhadap pertanyaan tersebut.

Baca Juga: Kejam! Viral Video Pemuda Aniaya Penyandang Disabilitas, Ternyata Pelaku Positif Narkoba

Pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo pada tanggal 5 Oktober 2023, akibat kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, telah meninggalkan tantangan besar dalam manajemen pertanian.

Dalam menghadapi tantangan cuaca seperti El Nino, yang telah menyebabkan kekeringan dan penurunan produksi padi, pemilihan menteri pertanian yang baru akan menjadi keputusan kunci untuk mengatasi masalah tersebut.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI