Geliat Ekonomi Solo Saat Dipimpin Gibran Rakabuming di Mata Almas Tsaqibbirru

Pertumbuhan ekonomi di Kota Solo sejak Gibran memimpin (Sumber : Instgaram/gibranrakabuming_selviananda)

INFOSEMARANG.COM - Almas Tsaqibbirru pernah mengungkit kekagumannya pada Gibran Rakabuming Raka atas kemajuan yang dibawanya usai memimpin Kota Solo.

Almas merupakan mahasiswa Universitas Serakarta yang disebut-sebut memuluskan jalan Gibran Rakabuming jadi cawapres.

Dalam sebuah sidang pendahuluan yang digelar pada Selasa 5 September 2023, Dwi Nurdiansyah Santoso, yang merupakan kuasa hukum dari Almas, menyatakan bahwa kliennya sangat menghargai pejabat pemerintahan muda yang, menurutnya, telah berhasil dalam mengembangkan wilayah mereka.

Baca Juga: Kini Jadi Kebiasaan Anak Muda, Ini Efek Samping Konsumsi Kopi Susu Berlebihan

Salah satu contoh yang disebutkan adalah Rakabuming, yang menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Putra Sulung Jokowi berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Solo sebesar 6,25 persen, dibandingkan dengan angka sebelumnya yang mencapai minus 1,74 persen.

Gibran, dalam sebuah wawancara dengan program Info A1 kumparan, juga mengakui pencapaiannya dalam membawa Solo menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di tahun 2022.

Baca Juga: Bali, Tempat Latihan Pilihan Negara Peserta Piala Dunia U-17 2023

Sayangnya, kata dia, prestasi ini kurang mendapat perhatian dari media.

"Di tahun 2022 kemarin kita termasuk kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Pertumbuhan ekonomi mencapai 6,25 persen. Namun, tidak banyak yang memberitakan ini karena fokus berita saat itu lebih tertuju pada urusan calon wakil presiden, itulah sebabnya berprestasi seperti ini jarang diekspos." ungkap Gibran, dilansir Infosemarang.com 25 Oktober 2023.

Baca Juga: Jembatan Kaca The Geong Limpakuwus Banyumas Pecah, 1 Wisatawan Tewas, Netizen: New Fear UNLOCKED!

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022, perekonomian Kota Solo, yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB), mencapai Rp 55.964,8 miliar, dan atas dasar harga konstan (ADHK) tahun 2010 mencapai Rp 38.475,9 miliar.

Sebuah laporan yang diterbitkan mencatat, "Perekonomian Kota Surakarta pada tahun 2022 mengalami pertumbuhan positif sebesar 6,25 persen, yang lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian tahun 2021 yang hanya mencapai 4,01 persen."

Baca Juga: Ganjar Ungkap Berbagai Peluang Investasi di Indonesia saat Acara US – Indonesia Investment Summit, Transisi Energi sampai Industri Kesehatan

Dari segi sektor produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan, dengan pertumbuhan sebesar 131,39 persen.

Sementara itu, dari segi pengeluaran, kenaikan tertinggi dicatat oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nirlaba yang Melayani Rumah Tangga, yaitu sebesar 5,85 persen.

Dari segi struktur ekonomi, sektor Konstruksi mendominasi struktur perekonomian Kota Solo pada tahun 2022 dengan kontribusi sebesar 25,94 persen.

Baca Juga: Ditanya Mengapa Sudah Tak Galak Lagi, Jawaban Mak Jleb Prabowo Subianto Ini Bikin Publik Ketawa

Sementara itu, dari segi pengeluaran, Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) mendominasi dengan kontribusi sebesar 64,29 persen.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI