Sering Dikira Sama, Ini Beda Tunangan dan Lamaran yang Jarang Diketahui

Ilustrasi lamaran atau tunangan (Sumber : Unsplash/@Gift Habeshaw)

INFOSEMARANG.COM - Sering dikira sama, memang apa beda tunangan dan lamaran?

Lamaran dan tunangan adalah dua tahapan penting dalam proses pernikahan. Kedua tahapan ini sering kali dianggap sama, padahal sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Lamaran

Lamaran adalah momen di mana pihak pria menyampaikan niatnya untuk menikahi seorang wanita kepada keluarga wanita tersebut. Lamaran biasanya dilakukan oleh pihak pria, didampingi oleh keluarga dan kerabat.

Baca Juga: Sadis! Terkuak Motif Selebgram Semarang Zhafira Devi Bunuh Bayi di Toilet

Dalam lamaran, pihak pria biasanya akan memberikan seserahan kepada pihak wanita. Seserahan ini biasanya berupa barang-barang yang dibutuhkan oleh wanita untuk sehari-hari, seperti pakaian, perhiasan, dan perlengkapan rumah tangga.

Lamaran tentu saja cenderung formal dan juga melibatkan adat serta budaya di dalamnya.

Tunangan

Tunangan adalah momen di mana kedua calon mempelai resmi bertunangan. Tunangan biasanya dilakukan setelah lamaran diterima oleh pihak wanita.

Dalam tunangan, kedua calon mempelai akan saling bertukar cincin sebagai tanda pertunangan. Prosesi tunangan biasanya juga dihadiri oleh keluarga dan kerabat dari kedua belah pihak.

Baca Juga: Cara Mengelola Emosi saat Ada Konflik dengan Pasangan, Sepele Namun Hal Ini Kerap Diabaikan

Perbedaan Lamaran dan Tunangan

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara lamaran dan tunangan:

  • Tujuan

Lamaran bertujuan untuk menyampaikan niat pihak pria untuk menikahi seorang wanita. Sementara itu, tunangan bertujuan untuk mengikat kedua calon mempelai dalam suatu hubungan yang lebih serius.

  • Peserta

Lamaran biasanya dihadiri oleh pihak pria, keluarga pria, dan keluarga wanita. Sementara itu, tunangan biasanya dihadiri oleh kedua calon mempelai, keluarga, dan kerabat dari kedua belah pihak.

Baca Juga: Mengenal Istilah Skinship, yang Membuat Hubungan Asmara Semakin Lengket

  • Ritual

Dalam lamaran, pihak pria biasanya memberikan seserahan kepada pihak wanita. Sementara itu, dalam tunangan, kedua calon mempelai akan saling bertukar cincin.

  • Status

Setelah lamaran, kedua calon mempelai masih belum resmi menjadi tunangan. Sementara itu, setelah tunangan, kedua calon mempelai resmi menjadi tunangan.

Lamaran dan tunangan adalah dua tahapan penting dalam proses pernikahan. Kedua tahapan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi tujuan, peserta, ritual, maupun status.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI