Ma'ruf Amin Kesulitan Atur Jadwal Makan Siang Bareng Tiga Cawapres, Bentrok Agenda Masing-Masing

Wakil Presiden Ma'ruf Amin merencanakan pertemuan dengan tiga bakal calon wakil presiden untuk makan siang sekaligus berbicara tentang menjaga perdamaian dalam Pemilu 2024. (Sumber : setkab.go.id)

INFOSEMARANG.COM -- Setelah Presiden Jokowi mengundang tiga bakal calon presiden, kini giliran Wakil Presiden Ma'ruf Amin berencana mengundang tiga bakal calon wakil presiden untuk makan siang bersama.

Undangan makan akan mendiskusi upaya mencegah timbulnya ketegangan serta konflik pada Pemilu 2024.

Wapres menyampaikan pihaknya masih menunggu waktu ketika ketiga bakal calon wakil presiden bisa berada di Jakarta. Sebab, pertemuan Wapres dan cawapres terbentur jadwal masing-masing.

Baca Juga: Jadwal Irak vs Indonesia: Pertarungan Sengit di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Dihadang Badai Cedera

"Hari-hari ini kita lakukan lobi-lobi kapan ketiga-tiganya ada di Jakarta. Ini ternyata bukan perkara yang mudah (mencari kesesuaian waktu). Salah satunya berada di Jawa Tengah, satu lagi di Jawa Timur, dan yang lainnya di Papua," ujarnya dilansir dari Antara.

Dalam pertemuan mendatang, Wapres Ma'ruf menyatakan niatnya untuk mengajak para bakal calon wakil presiden berdiskusi tentang upaya meredam konflik karena sikap para pendukung kontestan akan sangat dipengaruhi oleh tindakan para pemimpin.

"Nah, jika kita dapat menurunkan ketegangan ini, suasana pemilu akan lebih damai, lebih tenang, dan tidak memunculkan masalah," tuturnya.

Baca Juga: Jadwal 32 Besar Hylo Open 2023: Ana/Tiwi dan Apri/Fadia Main Hari Ini

Mengenai tindakan Presiden Jokowi dalam menjamu para bakal capres dengan makan siang pada Senin, 30 Oktober 2023, Wapres menilai bahwa presiden, sebagai kepala negara, menginginkan agar kontestasi politik berlangsung tanpa pembelahan yang merugikan negara.

Presiden, menurut Ma'ruf Amin, berkeinginan untuk terus memberikan pemahaman kepada kontestan agar berkompetisi secara adil, jujur, tidak memicu konflik, dan menghindari hoaks.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI