3 Fakta Menarik Semangka atau Watermelon Jadi Simbol Palestina, Sudah Tahu?

Fakta menarik semangka atau watermelon jadi simbol Palestina. (Sumber : X)

Di media sosial ramai penggunaan semangka atau watermelon untuk menunjukkan dukungan kepada Palestina atas serangan membabi buta dari Israel, apa maknanya?

INFOSEMARANG.COM - Warganet ramai-ramai menggunakan emoji semangka dan api saat menyerukan dukungannya untuk Palestina yang masih berjuang menghadapi serangan bertubi-tubi dari Israel.

Ada yang menggunakan emoji semangka sebagai foto profil, ada pula yang menyematkan dalam sebuah komentar atau unggahan. Simak beberapa fakta menariknya!

Baca Juga: 5 Ucapan Kontroversial Benjamin Netanyahu PM Israel soal Palestina yang Bikin Geram

Buah populer di Palestina

Faktanya, semangka adalah buah yang paling populer di Palestina karena banyak kebun semangka yang tumbuh subur di negara ini, yang akhirnya menjadi bagian dari identitas Palestina.

Semangka juga sudah menjadi simbol perlawanan rakyat Palestina kepada Israel.

Pengganti bendera

Setelah usainya Perang Enam Hari pada 1967, Israel sempat melarang Palestina mengibarkan benderanya dengan ancaman akan menangkap orang yang nekat.

Siapa sangka, aktivis melihat warna bendera Palestina serupa dengan buah semangka. Meliput warna merah, putih, hitam dan hijau. Buah semangka ini juga sempat dibawa untuk melakukan demonstrasi lho.

Karya seni perlawanan

Seorang senimab, Khaled Hourani, mempopulerkan karya seni tentang semangka berjudul "The Story of Watermelon" pada 2007 lalu.

Semangka ini kemudian mulai sering muncul di sejumlah karya seni termasuk grafiti, mural hingga poster sebagai perlawanan rakyat Palestina.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI