Indonesia Kirim Bantuan Logistik Untuk Palestina dengan Pesawat Hercules, Warganet: Semoga Pulang dengan Selamat

Ilustrasi | Indonesia akan kirim bantuan untuk Palestina menggunakan pesawat Hercules (Sumber : Pixabay)

INFOSEMARANG.COM -- Kirim dukungan untuk Palestina, Indonesia bersiap untuk mengirimkan sejumlah bantuan logistik.

Dalam persiapannya, Mabes TNI rencananya akan membawa sejumlah logistik tersebut menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara.

TNI Tengah menyiapkan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 miilik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu juga kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut,” kata Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono, dikutip melalui laman Mabes TNI.

Baca Juga: Kenapa Pelamar CPNS PPPK 2023 Harus Datang ke Lokasi 2 Jam sebelum Ujian?

Tak hanya itu, satu unit pesawat charter (Boeing 737 Garuda) oleh Mabes Polri juga dikirimkan untuk membawa bantuan, sehingga total bantuan untuk mengangkut logistik Bantuan Kemanusiaan ke Palestina nantinya akan berjumlah tiga pesawat.

Bantuan seberat 30 ton tersebut terdiri dari alat kesehatan, sanitasi, makanan, kantong tidur, dan perlengkapan musim dingin.

Langkah yang diambil ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo supaya dapat segera mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Berpikir Pasangan Selingkuh

Julius Widjojono pun kemudian menyampaikan pula bahwa saat ini sedang dilaksanakan proses pengajuan nota diplomatik visa oleh Kemenlu RI terkait over flight clearence, landing permit, ground handling, dan lain-lain.

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan juga turut membantu dalam beberapa pembiayaan proses pengiriman bantuan tersebut.

Rencananya, bantuan kemanusiaan ini akan diterbangkan menuju Mesir yang selanjutnya akan diteruskan ke rakyat Palestina.

Baca Juga: Ambyar Bareng Denny Caknan, Nonton Gratis Konser di Simpang Lima Semarang Jumat Malam

Adapun bantuan tersebut rencananya akan dilepaskan langsung oleh Presiden Jokowi pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 08.30 WIB, bertempat di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta dengann diperkirakan tiba di Mesir tanggal 6 November 2023.

Di sisi lain, sejumlah doa warganet ikut mengiringi aksi pengiriman bantuan kemanusiaan ini dan mendoakan supaya para kru dan semua yang bertugas mengirimkan bantuan dapat tiba di tujuan dan pulang ke tanah air dengan selamat. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI