Patung Jokowi Bakal Dibangun, Warganet Pertanyakan Sumber Dana dan Kepentingannya

Patung Jokowi Bakal Dibangun di Karo, Sumatera Utara (Sumber : Instagram/@jokowi)

INFOSEMARANG.COM -- Diketahui patung Presiden Joko Widodo (jokowi) bakal segera dibangun di Laing Melas Datas (LMD), yakni tepatnya di Desa Kutambelin, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Meski demikian sayangnya Jokowi tidak dapat hadir pada acara pelatakan batu pertamanya.

Namun, Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga sebagai menantu Jokowi tampak hadir pada acara tersebut sebagai perwakilan keluarga.

Baca Juga: Aldo Osvianto Anak Cik Mehong Ikut Nyaleg, Sama-sama dari Partai Perindo

Bobby pun menjelaskan bahwa kehadirannya tersebut bukan untuk mewakili Presiden Jokowi, namun ia hanya hadir sebagai salah satu anggota keluarga.

"Saya hadir di sini sebenarnya bingung sebagai apa. Kalau di undangan sebagai wali kota, tapi kemaren pak kades sebagai panitia mintanya kalau bisa saya hadir sebagai keluarga dari pak Jokowi. Karena monumen yang dibangun monumen Juma Jokowi," kata Bobby, Sabtu (4/11/2023) di lokasi pembangunan patung.

"Jadi saya di sini berdiri bukan mewakili Bapak Presiden. Tapi sesuai permintaan pak kades saya hadir sebagai salah satu anggota keluarga dari Pak Jokowi," imbuhnya.

Pada acara tersebut Bobby pun juga menghubungi Presiden Jokowi melalui panggilan video supaya dapat berbicara langsung dengan warga Karo.

Baca Juga: Aksi Heroik 2 Karyawan Indomaret Karanganyar Lawan Rampok yang Bawa Senjata, Alami Luka Tembak

Sebagai perwakilan keluarga, Bobby juga menyampaikan permintaan maaf Jokowi karena tidak dapat hadir secara langsung di lokasi peletakan batu pertama pembangunan patung.

Pada saat melakukan panggilan video dengan sang Presiden, tampak warga turut antusias untuk menyaksikan Presiden Jokowi yang menyapa melalui panggilan video itu.

Kepala desa Adil Sebayang juga langsung menyampaikan bahwa warga Liang Melas Datas berencana membangun patung Jokowi sebagai ungkapan rasa terimakasih karena telah membangun perbaikan jalan di wilayah itu.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina, Sejumlah Selebriti Ikut Putihkan Kawasan Monas

"Kami semua keluarga LMD yang kemarin antarkan oleh-oleh ke pak Jokowi. Karena antusias kami sama bapak kami berencana untuk meletakkan patung bapak pada hari ini. Peletakan batu pertama monumen juma Jokowi," ujar kepala desa.

Di sisi lain, Jokowi menanggapi bahwa perbaikan jalan di LMD tersebut merupakan bentuk pelayanan.

"Silahkan pak kades. Saya melayani rakyat, jalan itu buat warga. Yang paling penting, melayani rakyat," ungkap Jokowi.

Diketahui leih lanjut, dana pembangunan patung Juma Jokowi ditafsirkan akan menelan biaya hingga Rp 2,5 milyar. Di mana dana pembangunan patung ini dikumpulkan dari dana masyarakat.

Baca Juga: Sales Mobil Pameran Tabrak Pengunjung dan Eskalator Mall Paragon, Pihak Dealer Bakal Tanggung Jawab

Untuk awalnya, masyarakat akan menggunakan sisa dana dari pengiriman jeruk ke istana pada akhir 2021 lalu sebesar Rp 50 juta.

Bobby Nasution dan teman-temannya kemudian memberikan bantuan sebesar Rp 500 juta.

Selanjutnya, uang Rp 50 juta itu akan ditambah lagi dengan uang iuran warga dari 6 desa dan 3 dusun yang ada di LMD dan ditafsirkan akan terkumpul sebanyak Rp 400 juta.

Meski demikian, tak sedikit warganet yang mempertanyakan apa kepentingan pembangunan patung tersebut untuk rakyat. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI