7 Cara Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh yang Sudah Dipraktikan Sejak Dulu, Capai Berat Badan Ideal!

Ilustrasi cara menurunkan berat badan dengan olahraga dan gaya hidup sehat. (Pixabay)

INFOSEMARANG.COM -- Mempunyai tubuh ideal kini tidak lagi menjadi permasalahan, karena ada cara menurunkan berat badan paling ampuh untuk diet sehat yang dapat Anda terapkan. Terdapat banyak faktor yang membuat penurunan berat badan menjadi sulit. Salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik, yang sejatinya dapat menjadi alat ampuh untuk mengurangi berat badan. Tidak perlu khawatir, di bawah ini akan dijelaskan beberapa metode yang dapat Anda pertimbangkan:

Menghitung Berat Badan Ideal

Sebelum Anda memutuskan untuk mengurangi berat badan menuju berat badan ideal, sebaiknya Anda mengukur berat badan saat ini dengan mengacu pada indeks massa tubuh. Hal ini menjadi bagian penting dari tips diet.

Jika berat badan Anda melebihi batas yang sehat, Anda bisa mencoba cara alami menurunkan berat badan. Caranya, kurangkan tinggi badan Anda dari 110, dan Anda akan mendapatkan gambaran berat badan ideal. Jika berat badan masih berlebih setelah perhitungan, pertimbangkan untuk memulai diet.

Baca Juga: Benarkah Diet Lemon Efektif Bantu Turunkan Berat Badan?

Konsultasikan dengan Ahli Gizi

Ketika Anda menjalani diet, sangat penting untuk mengikuti rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda saat diet, oleh karena itu, konsultasikan dengan seorang ahli gizi untuk mendapatkan panduan yang tepat.

Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah langkah awal yang penting untuk memulai hari dengan baik. Saat Anda sedang dalam program diet, jilarlah untuk tidak melewatkan sarapan, karena ini dapat berdampak buruk.

Pastikan sarapan Anda kaya akan gizi sesuai dengan metode penurunan berat badan yang Anda pilih. Tubuh memerlukan asupan gizi yang baik untuk menjalani hari dengan baik. Pastikan untuk memperhatikan nilai gizi pada makanan sarapan Anda, seperti protein dan karbohidrat. Pilih makanan yang memberikan energi, seperti telur, roti gandum dengan selai, atau yogurt tanpa pemanis.

Kontrol Porsi Makan

Dalam upaya diet, penting untuk mengontrol jumlah makanan yang Anda konsumsi. Makan sedikit tidak berarti tubuh tidak mendapatkan cukup energi. Pilih jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Selain mengurangi jumlah makanan, perhatikan juga kualitasnya. Pola makan yang seimbang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah penumpukan berat badan berlebih. Juga, perhatikan kadar glukosa dalam tubuh.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran dapat menjadi tambahan yang penting, terutama saat Anda sedang menjalani diet. Selain mengurangi risiko penyakit, makanan sehat ini juga membantu menjaga berat badan tetap stabil. Anda tidak perlu merasa lapar saat diet; cukup gantilah camilan tidak sehat dengan makanan yang bergizi. Pastikan untuk memasukkan buah dan sayuran dalam setiap waktu makan, mulai dari sarapan hingga makan malam.

Baca Juga: BAHAYA Diet Tanpa Olahraga, Risiko Jangka Panjang Menghantui

Tetap Berolahraga

Diet tidak berarti Anda harus berhenti berolahraga. Olahraga tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak perlu pergi ke gym, tetapi Anda bisa berolahraga di rumah dengan berbagai jenis aktivitas. Ada beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan, seperti berjalan, lompat-lompatan, sit-up, dan lainnya. Lakukan olahraga secara teratur, tidak hanya sesekali. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari lebih baik daripada berolahraga sekali-sekali.

Minum Air Putih

Air putih sangat penting untuk tubuh dan merupakan bagian dari gaya hidup sehat, karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Pastikan Anda minum air cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Air putih dapat membantu mengendalikan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan mempermudah aktivitas fisik. Pastikan Anda cukup minum air saat menjalani program penurunan berat badan.

Baca Juga: Cara Memulai Diet Intermittent Fasting yang Banyak Dilakukan Selebritas dan Segudang Manfaatnya

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat mencapai penurunan berat badan yang sehat dan aman. Diet tidak perlu ekstrem, tetapi harus seimbang dengan olahraga dan pola makan yang baik.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI