PSSI Bolehkan Kibarkan Bendera Palestina, tapi Larang Hal Ini!

Andika Bahrudin
Selasa 07 November 2023, 12:34 WIB
Salah satu bentuk dukungan untuk Palestina datang dari penggemar sepak bola di Indonesia. PSSI membolehkan mengibarkan bendera Palestina saat pertandingan.

Salah satu bentuk dukungan untuk Palestina datang dari penggemar sepak bola di Indonesia. PSSI membolehkan mengibarkan bendera Palestina saat pertandingan.

INFOSEMARANG.COM -- Salah satu dukungan untuk Palestina yang tengah berkonflik dengan Israel di Gaza dilakukan oleh PSSI. Hal ini seiring banyaknya jumlah korban jiwa konflik Hamas dan Israel di Gaza.

Salah satu bentuk dukungan datang dari penggemar sepak bola di Indonesia. PSSI membolehkan mengibarkan bendera Palestina saat pertandingan.

PSSI memperbolehkan artibut atau bendera-bendera Palestina tersebut dikibarkan di dalam stadion selama berjalannya laga.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina, Sejumlah Selebriti Ikut Putihkan Kawasan Monas

PSSI sudah berkoordinasi dengan FIFA untuk Kibarkan Bendera Palestina

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan FIFA agar bendera Palestina diperbolehkan untuk berkibar dalam kompetisi di bawah naungan FIFA.

Erick menilai, FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina tersebut. Hal itu menjadi bentuk dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi," kata Erick, dikutip dari laman resmi PSSI.

Ketua Komite Hukum PSSI Ahmad Riyadh juga menegaskan bahwa bendera Palestina boleh berkibar selama pertandingan. Riyadh mempersilakan seluruh pendukung untuk menyerukan solidaritas terhadap Palestina dari bangku dan tribun stadion.

Menurutnya, hal tersebut sama seperti apa yang terjadi di sejumlah liga lain di penjuru dunia, yang mana para penggemar bola membentangkan bendera dan spanduk dukungan kepada Palestina.

Meski begitu, Riyadh meminta agar pendukung sepakbola tidak menerobos masuk ke lapangan atau yang dikenal sebagai pitch invasion lantaran melanggar peraturan dBentuk Dukungan terhadap Palestina, PSSI: Mengibarkan Bendera "Yes," Tetapi Tidak Menerobos Lapangan

Dukungan yang tumbuh untuk Palestina meningkat seiring dengan bertambahnya korban jiwa dalam konflik antara Hamas-Israel di Gaza. Banyak kalangan masyarakat berbagai cara untuk mengekspresikan dukungan mereka terhadap Palestina.

Salah satu bentuk dukungan datang dari penggemar sepakbola di Indonesia yang mengibarkan bendera Palestina saat pertandingan. PSSI memperbolehkan bendera Palestina ini dikibarkan di dalam stadion selama pertandingan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah berkoordinasi dengan FIFA agar bendera Palestina dapat dikibarkan dalam kompetisi yang diawasi oleh FIFA. Erick Thohir menganggap FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina ini karena dianggap sebagai bentuk dukungan terhadap kemanusiaan dan hak asasi manusia (HAM).

Baca Juga: Benarkah Jika Palestina Merdeka Dunia Segera Kiamat? Begini Penjelasannya

Ketua Komite Hukum PSSI, Ahmad Riyadh, juga menegaskan bahwa bendera Palestina boleh dikibarkan selama pertandingan. Ahmad Riyadh mengizinkan para pendukung untuk mengekspresikan solidaritas terhadap Palestina dari bangku dan tribun stadion, seperti yang dilakukan di banyak liga sepakbola di seluruh dunia.

Namun, ia menekankan agar pendukung sepakbola tidak menerobos lapangan atau melakukan "pitch invasion," karena hal ini melanggar peraturan dan mengancam keselamatan. Ahmad Riyadh juga menegaskan bahwa PSSI memiliki komitmen kuat terhadap Palestina dan menjalin kerja sama dengan Federasi Sepakbola Palestina.

Erick Thohir bahkan menawarkan Indonesia sebagai kandang bagi Palestina untuk menjamu Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2023 sebagai tanda komitmen yang lebih lanjut.an keselamatan.

"Perlu digarisbawahi bahwa setiap bentuk pitch invasion itu dilarang. Apalagi saat ini kita sedang melakukan transformasi setelah Tragedi Kanjuruhan di mana disiplin soal kode keamanan dan keselamatan adalah hal yang mutlak. Karena itu penonton menyerbu masuk ke lapangan tidak diperkenankan," ucap Riyadh.

Riyadh menambahkan, komitmen PSSI kepada Palestina tak perlu diragukan lagi sampai saat ini.

Menurutnya, PSSI dan Federasi Sepakbola Palestina memiliki relasi spesial dengan rutin menggelar kerja sama dan uji coba. Bahkan, Riyadh mengatakan, Erick Thohir menawarkan Indonesia sebagai kandang Palestina untuk menjamu Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2023 ini.

Baca Juga: Regulasi FIFA dan PSSI Mengenai Pelarangan Bendera Palestina di Tribun Sepak Bola

"Soal komitmen PSSI pada Palestina tak perlu diragukan. Seperti yang diucapkan oleh Ketum PSSI, kandang Indonesia adalah kandang Palestina juga!" tutur Riyadh.

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)