Benjamin Netanyahu Ungkap Israel Akan Mengambil Alih Gaza Setelah Perang

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menolak gencatan senjata tanpa pembebasan tawanan dan akan mengambil alih keamanan keseluruhan Gaza setelah perang. (Sumber : X/@netanyahu)

INFOSEMARANG.COM -- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menegaskan penolakannya terhadap gencatan senjata di Gaza sampai Hamas membebaskan tawanan-tawanan.

Meskipun begitu, ia menyatakan kesiapannya untuk "jeda taktis kecil" yang memungkinkan pergerakan orang dan bantuan.

"Tidak akan ada gencatan senjata umum di Gaza tanpa pembebasan tawanan-tawanan kami. Mengenai jeda taktis kecil, seperti satu jam di sini, satu jam di sana - kita sudah mengalaminya sebelumnya. Saya kira kita akan memeriksa situasi untuk memungkinkan barang-barang kemanusiaan masuk atau pembebasan tawanan-tawanan kami. Namun, saya tidak yakin akan ada gencatan senjata umum," ujar Netanyahu dalam wawancaranya dengan ABC News.

Komentar Netanyahu muncul di tengah tekanan internasional untuk mengakhiri serangan Israel di Gaza yang merupakan respons terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober dan telah menewaskan sekitar 1.405 orang, sebagian besar adalah warga sipil menurut pejabat Israel.

Baca Juga: 10 Pose Foto ASN yang Dilarang di Tahun Politik Jelang Pemilu 2024, Hanya 1 Pose yang Diperbolehkan

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, pada hari Senin mendesak gencatan senjata dan memperingatkan bahwa Gaza telah menjadi "kuburan massal bagi anak-anak."

Amerika Serikat, sekutu terdekat Israel, mendesak Netanyahu untuk menyetujui "jeda kemanusiaan" guna memungkinkan bantuan masuk ke enklaf tersebut, meskipun tetap mendukung penolakan pemimpin Israel terhadap gencatan senjata penuh.

Pada hari Senin, militer Israel mengumumkan bahwa mereka telah "berkoordinasi" dengan Yordania untuk mengirimkan pasokan medis mendesak dan makanan melalui udara ke rumah sakit lapangan Yordania di enklaf tersebut.

Selama perang berbulan-bulan ini, setidaknya 10.022 warga Palestina, termasuk lebih dari 4.100 anak-anak, tewas di Gaza, menurut kementerian kesehatan di enklaf yang dikuasai Hamas.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Truk Kontainer vs Motor di Jalan Yos Sudarso Semarang, Perempuan 23 Tahun Tewas

Pada hari Senin, Netanyahu menyatakan bahwa setiap kehilangan nyawa warga sipil merupakan "tragedi," namun ia membantah jumlah kematian yang dilaporkan, dengan mengatakan bahwa jumlah tersebut termasuk "beberapa ribu" pejuang Palestina.

Ia juga menuduh Hamas menggunakan penduduk Gaza sebagai perisai manusia.

Netanyahu juga mengusulkan bahwa Israel akan mengambil alih keamanan Gaza secara keseluruhan setelah perang berakhir.

“Saya pikir Israel, untuk jangka waktu yang tidak terbatas… memikul tanggung jawab keamanan secara keseluruhan karena kita telah melihat apa yang terjadi jika kita tidak memiliki tanggung jawab keamanan tersebut,” kata Netanyahu.

“Ketika kita tidak mempunyai tanggung jawab keamanan, yang kita alami adalah meletusnya teror Hamas dalam skala yang tidak dapat kita bayangkan.”***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI