Bantuan Kemanusiaan Indonesia Belum Bisa Masuk Palestina, Masih Tertahan di Mesir dan Tunggu Izin Israel

Bantuan Kemanusiaan Indonesia Belum Bisa Masuk Palestina, Masih Tertahan di Mesir dan Tunggu Izin Israel (Sumber : Kolase foto Instagram @ussfeeds & @palestineembassy.id)

INFOSEMARANG.COM -- Indonesia diketahui telah mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pada Senin (6/11/2023) lalu menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) yakni A-1327 dan A-1328.

Pada Selasa (7/11/2023), pesawat yang berisi bantuan kemanusiaan tersebut pun diketahui sudah mendarat dengan selamat di Bandara El Arish Mesir dan akan segera dipersiapkan untuk diantarkan bagi rakyat Palestina.

Pusat Penerangan TNI, Kolonel Artileri Lapangan (Arm) Suhendro Oktosatrio menyampaikan, “Selanjutnya bantuan kemanusiaan tersebut akan dikelola untuk pengirimannya ke Palestina oleh Bulan Sabit Merah Mesir melalui proses penandatanganan seremonial yang dilakukan oleh Wakil Menteri Luar Negeri. Indonesia kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir, Ahmed Aly.

Baca Juga: Keluarga Jokowi Tinggalkan PDIP, Disebut Sudah Tidak Menguntungkan Lagi Usai Bobby Nasution Ikut Dukung Prabowo-Gibran

Namun sayangnya hingga kini bantuan kemanusiaan yang rencananya masuk melalui perbatasan di Rafah, Palestina dikabarkan masih tertahan di El-Arish, Mesir.

Bantuan dari berbagai negara, termasuk Indonesia belum mendapat izin dari Israel untuk disalurkan ke warga di Gaza.

Di samping itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menyampaikan hal ini disebabkan Israel masih memegang kendali penuh atas arus keluar masuk barang serta orang dari Gaza, Palestina. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI