Daftar 16 Negara yang Membenci Israel, Termasuk Indonesia?

Ilustrasi | Kondisi Gaza semakin kritis, militer Israel memasuki pusat kota Gaza, 50 ribu warga sipil mengungsi. (Sumber : Instagram/eye.on.palestine)

INFOSEMARANG.COM -- Sejauh ini konflik antara Israel dan Palestina masih menjadi atensi masyarakat dunia.

Sebanyak 11 ribu warga Palestina diketahui telah dibunuh oleh Israel hingga saat ini.

Berbagai negara dari hampir seluruh belahan dunia pun kini melakukan kampanye untuk melakukan boikot terhadap perusahaan-perusahaan pro Israel.

Baca Juga: Polisi Gadungan di Semarang Ditangkap Polisi Asli, Akui Pakai Atribut Polisi agar Perjalanan Lancar

Di samping itu, negara-negara anggota PBB juga dibentuk menjadi Kelompok Regional pada tahun 1961 untuk bertindak sebagai blok pemungutan suara dan forum negosiasi.

Secara geografis, Israel seharusnya menjadi anggota Kelompok Asia-Pasifik namun negara-negara Arab dan Muslim diketahui telah menghalangi Israel untuk bergabung. Termasuk Kuba dan Korea Utara yang tidak mengakuinya.

Selain itu, sejumlah negara juga tidak menolak paspor dari Israel serta paspor lain yang mengandung stempel atau visa Israel.

Baca Juga: Daftar 19 Wakil Indonesia di Japan Masters 2023, Kevin/Rahmat Mulai dari Babak Kualifikasi

Setidaknya terdapat 16 negara Arab dan OKI yang tidak menerima paspor Israel tersebut seperti diantaranya adalah Aljazair, Bangladesh, Brunei, Iran, Irak, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Oman, Pakistan, Arab Saudi, Sudan, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Tak hanya itu, depalan negara diantaranya juga tidak menerima paspor negara lain yang pemegangnya memiliki visa Israel yang disahkan di negara tersebut.

Melalui informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, larangan tersebut juga kemungkinan besar berlaku untuk perusahaan milik negara seperti maskapai penerbangan.

Baca Juga: Kecelakaan di Boja: Mobil Nyungsep di Selokan Jadi Tontonan Warga

Sekitar 22 negara diketahui melarang penerbangan langsung dan penerbangan ke dan dari Israel.

Di sisi lain, memang dampak dari konflik Isreal dan Palestina yang semakin memanas ini berimbas pada berbagai lini termasuk produk dagang yang pro Israel yang juga terkena aksi boikot dari masyarakat internasional.

Tak terkecuali di Indonesia sendiri yang saat ini juga marak melakukan kampanye boikot sejumlah produk dari perusahaan yang pro Israel. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI