Jangan Asal! Berolahraga di Bawah Cuaca Panas Bisa Timbulkan Efek Tidak Baik lho, Apa Saja?

Ilustrasi olahraga lari (Sumber : Pexels)

INFOSEMARANG.COM - Berolahraga dalam cuaca panas dapat memiliki beberapa efek yang signifikan pada tubuh.

Padahal melalakukan olahraga tentu saja agar dapat meraih feedback bagi bagi tubuh.

Dengan seringnya muncul cuaca panas akhir-akhir ini, ada beberapa hal yang bisa disiasati untuk memilih waktu olahraga yang tepat, diantaranya:

Baca Juga: Ketidakseimbangan Hormon Bisa Bikin Perut Buncit, lho!

1. Pilih Waktu yang Terbaik: Usahakan untuk berolahraga di pagi hari atau menjelang senja ketika suhu lebih rendah. Hindari berolahraga saat siang hari ketika suhu puncaknya.

2. Perhatikan Ramalan Cuaca: Periksa ramalan cuaca sebelum berolahraga untuk memilih waktu yang lebih sejuk dan menghindari kondisi cuaca yang ekstrem, seperti gelombang panas.

3. Gunakan Perlindungan Matahari: Jika Anda harus berolahraga saat cuaca panas, gunakan pelindung matahari seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi. Hal ini akan membantu melindungi kulit dan mata dari sinar UV yang berbahaya.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Leg II Liga Champions Eropa, 17-18 Mei 2023: Dua Tim Biru Bakal Masuk Final?

4. Pilih Lokasi yang Tepat: Cari tempat berolahraga yang teduh, seperti area yang dilindungi oleh pohon atau bangunan. Hindari berolahraga di tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.

5. Kenali Batasan Tubuh Anda: Dengarkan tubuh Anda dan kenali tanda-tanda kelelahan panas seperti pusing, mual, lemas, atau denyut jantung yang tidak teratur. Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasa kelelahan, hentikan olahraga dan beristirahat di tempat yang sejuk.

6. Minum Cukup Air: Pastikan Anda terhidrasi dengan baik sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Minum air dalam jumlah yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik. Hindari minuman berkafein atau beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi.

7. Kenakan Pakaian yang Sesuai: Pilih pakaian yang ringan, longgar, dan berbahan breathable (mudah menyerap dan menguapkan keringat). Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau berbahan berat yang dapat menghambat ventilasi dan memicu kelelahan panas.

Baca Juga: Lirik Lagu Fix You dari Coldplay, Lagu Ikonik yang Digandrungi Sepanjang Masa

Beberapa efek yang mungkin terjadi saat berolahraga dalam cuaca panas:

1. Dehidrasi

Cuaca panas dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena Anda kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat.

Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan performa olahraga, kelelahan, pusing, dan bahkan kondisi yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik.

3. Kenaikan Suhu Tubuh

Berolahraga dalam cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh Anda lebih cepat daripada berolahraga dalam kondisi yang lebih sejuk.

Ini dapat menyebabkan risiko heatstroke atau kelelahan panas jika tubuh tidak dapat mengatur suhu tubuh dengan efektif.

Baca Juga: Update Perolehan Medali SEA Games 2023, 15 Mei: Medali Emas Vietnam Tembus 100 Lebih!

4. Penurunan Kinerja

Suhu yang tinggi dapat mengganggu kinerja fisik dan mental Anda. Ketika tubuh terlalu panas, jantung harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan tubuh, dan ini dapat mengurangi kemampuan Anda dalam melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau menjaga kecepatan yang biasa.

5. Kelelahan dan Kurangnya EnergI

Cuaca panas dapat menyebabkan Anda merasa lelah lebih cepat dan mengurangi energi yang tersedia untuk melakukan aktivitas fisik. Ini dapat mempengaruhi performa olahraga dan daya tahan Anda.***

 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI