Apa Itu Sleep Regression yang Bikin Si Kecil Terbangun dari Tidur? Waspada Anak Bisa Jadi Rewel

Waspada sleep regression bisa buat anak jadi lebih rewel. (Sumber : InfoSemarang.com)

Si kecil pernah mengalami sleep regression? Perilaku anak tiba-tiba terbangun dari tidurnya di malam hari. Jangan sampai jadi kebiasaan, bisa bikin anak lebih rewel.

INFOSEMARANG.COM - Sleep regression adalah fase ketika anak yang terbangun dari tidur malamnya, imbasnya akan kesulitan melanjutkan tidurnya lagi. Biasanya fase sleep regression ini dialami oleh bayi hingga anak-anak berusia 1,5 tahun.

Wajarkah anak mengalami fase ini? Wajar saja karena ini bukan sebuah penyakit. Hanya saja ada dampak buruknya bila sering terjadi dan berakhir menjadi kebiasaan, seperti dikutip dari AloDokter.

Baca Juga: Jam Tidur Anak Usia 0-24 Bulan, Biasakan agar Si Kecil Tak Kurang Tidur

Sleep regression ini berdampak membuat anak menjadi lebih rewel dari biasanya. Karena waktunya yang seharusnya terpakai untuk tidur namun anak justru merasa tertekan karena terganggu tidurnya.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab sleep regression ini, misalnya saat masa perkembangan otak anak. Biasanya akan berpengaruh pada kadar hormon yang berhubungan dengan otak bayi.

Contoh lainnya adalah ketika anak diajak bepergian jauh terlebih ke tempat yang berbeda jauh zona waktunya, sehingga butuh penyesuaian jam tidur anak.

Baca Juga: Anak Bunuh Diri, Orangtua Bisa Lebih Depresi 'Kenapa Bukan Saya?'

Lalu bisa juga saat fase pertumbuhan gigi. Karena anak merasa risih dengan prosesnya bisa saja membuat ia tak nyaman saat tidur.

Kuncinya sebagai orangtua, harus sabar dan telaten agar anak tetap tenang dan nyaman.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI