Jangan Pasang Night Light saat Tidurkan Bayi, Tak akan Takut Gelap

Menidurkan bayi sebaiknya tidak memakai lampu tidur atau night light karena justru akan mengganggu kualitas tidur si kecil. (Sumber : Instagram @happylittlesleeper)

Menidurkan bayi sebaiknya tidak memakai lampu tidur atau night light karena justru akan mengganggu kualitas tidur si kecil.

INFOSEMARANG.COM - Biasakan sejak dini untuk tidak menggunakan night light atau lampu tidur saat menidurkan bayi. Tenang saja, bayi tidak akan merasa ketakutan.

Konsultan Anak, Elvina Yahya, menjelaskan jika bayi sebaiknya tidur dalam kondisi gelap bukan terang. Hal ini sekaligus untuk memperkenalkan pada bayi jika dalam kondisi gelap adalah waktu untuk tidur.

Kondisi ruangan yang gelap bisa membantu meningkatkan kualitas tidur bayi. Karena kegelapan memicu produksi hormon tidur melatonin yang bisa menyebabkan ngantuk.

Baca Juga: Alasan Bayi Lebih Baik Tidur di Suhu Dingin, Bisa Bikin Lebih Nyenyak

Sementara cahaya terang justru akan menstimulasi dan memberi sinyal ke otak tentang sudah waktunya bangun atau bersikap waspada sehingga membuat si bayi tidak tidur nyenyak.

Apakah bayi akan takut jika tidur di dalam ruangan gelap?

Jangan khawatir, bayi tidak akan mengembangkan rasa takut gelap sampai ia berusia setidaknya 2 tahun.

Jika memang diperlukan lampu tidur, biarkan si anak yang meminta sendiri kala ia nanti sudah bisa meminta. Maka penggunaan night lamp atau lampu tidur bisa dipertimbangkan.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI