Terlalu Lama Duduk Setiap Hari karena Pekerjaan? Lakukan Olahraga Ini agar Tubuh Tetap Nyaman

Ilustrasi olahraga kardio (Sumber : Twitter)

INFOSEMARANG.COM - Beberapa pekerjaan mengharuskan orang untuk duduk di kursi dalam waktu yang cukup lama dan berlangsung setiap hari.

Padahal seperti banyak orang tahu bahwa kebiasaan duduk terlalu lama bisa mengakibatkan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk dalam waktu cukup lama setiap hari, seimbangkan dengan melakukan olahraga-olahraga berikut.

Baca Juga: 10 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Tanpa Peralatan Khusus, Gak Perlu ke Gym

1. Cardiovascular Exercise (Olahraga Kardiovaskular)

Latihan kardiovaskular membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan kardiorespirasi, dan membakar kalori.

Beberapa jenis olahraga kardiovaskular yang dapat Anda pertimbangkan adalah berjalan cepat, lari, bersepeda, berenang, atau berlatih di treadmill.

Cobalah untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk melakukan olahraga kardiovaskular tersebut.

Baca Juga: Bikin Penggemar Terharu, Netflix Bakal Rilis Episode Spesial Persona 2 untuk Sulli

2. Latihan Kekuatan (Strength Training)

Latihan kekuatan melibatkan penggunaan beban, baik berupa beban tubuh sendiri maupun menggunakan peralatan seperti dumbbell atau mesin beban.

Latihan kekuatan membantu meningkatkan kekuatan otot, menjaga keseimbangan otot dan tulang, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Anda dapat melakukan latihan kekuatan dengan menggunakan berat badan sendiri, seperti push-up, squat, atau plank, atau mengunjungi pusat kebugaran untuk menggunakan peralatan yang lebih lengkap.

Baca Juga: Rilis Vlog Baru, Porsi Makan Jennie BLACKPINK Bikin Penggemar Melongo

3. Stretching dan Peregangan

Ketika sering duduk, otot-otot Anda cenderung menjadi kaku dan tegang. Melakukan peregangan dan stretching secara teratur dapat membantu menjaga fleksibilitas dan kelenturan otot Anda.

Luangkan waktu untuk melakukan peregangan sebelum dan setelah bekerja, serta jeda singkat selama hari kerja untuk melakukan beberapa gerakan peregangan untuk merelaksasikan otot-otot yang tegang.

4. Yoga

Yoga adalah kombinasi dari gerakan, pernapasan, dan meditasi yang membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Baca Juga: Rilis Vlog Baru, Porsi Makan Jennie BLACKPINK Bikin Penggemar Melongo

Latihan yoga secara teratur dapat membantu mengatasi efek negatif dari terlalu lama duduk, meredakan stres, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Pergi ke Gym

Jika memungkinkan, pergi ke pusat kebugaran atau gym dapat memberikan akses ke beragam fasilitas dan program latihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda.

Anda dapat menggunakan berbagai alat dan fasilitas seperti treadmill, elliptical trainer, mesin rowing, atau mengikuti kelas-kelas olahraga yang ditawarkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI